5 HAL YANG HARUS DI PERHATIAN BAGI PARA MABA SAAT MEMILIH KONTRAKAN AGAR TIDAK MENYESAL DI KEMUDIAN HARI !

 


(sumber : Freepik)


Setelah pengumuman kelulusan mahasiswa baru oleh universitas, pasti banyak yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah tempat tinggal, apalagi bagi mahasiswa yang berasal dari kota yang berbeda dengan universitas yang diterima. Nah salah satu pilihan tempat tinggal bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota adalah kos-kosan, nah berikut adalah tips untuk memilih kontrakan bagi mahasiswa baru. 

1.Lokasi 

Saat anda ingin memilih kontrakan, hall utama yang harus diperhatikan adalah lokasi. Pilih lokasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Untuk para calon mahasiswa baru bisa memilih kontrakan yang dekat dengan universitas sehingga lebih mudah saat ingin pergi ke kampus. Hal ini dapat membuat kita bisa menghemat uang bagi yang tidak mempunyai kendaraan karena bisa ke kampus dengan berjalan kaki dan juga bisa menghemat bahan bakar bagi yang mempunyai kendaraan bermotor.


2. Harga

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah harga kontrakan. Hal ini harus kita pertimbangkan matang-matang. Kita harus menghitung besaran pemasukan dan juga pengeluaran kita. Lalu kita dapat memperkirakan berapa harga kontrakan yang cocok dengan kondisi keuangan. Jangan terlalu memaksakan kehendak, ingin rumah kontrakan yang bagus dengan fasilitas lengkap, tetapi kondisi keuangan kita tidak mencukupi. Hal tersebut dapat membuat repot dikemudian hari.


3. Kondisi Bangunan

Pastikan untuk berkunjung dan memeriksa langsung kondisi bangunan dari rumah kontrakan yang akan kita tinggali. Periksa apakah bangunannya masih layak pakai atau tidak Bagian-bagian seperti genteng, talang air, plafon, dan lain-lain dapat rusak setelah termakan usia. Hal tersebut dapat membuat rumah menjadi tidak nyaman untuk ditinggali. Periksa juga aliran listrik dan air dalam rumah tersebut apakah dapat digunakan dengan baik atau tidak.


4. Fasilitas Umum

Kita tidak akan selalu tinggal di dalam rumah. Ada kalanya kita keluar rumah dan membutuhkan fasilitas umum seperti masjid, pom bensin, fasilitas kesehatan, dan tempat-tempat lainnya.

Perhatikan apakah rumah kontrakan yang akan kita tinggal dekat dengan fasilitas umum tersebut atau tidak. Jika terlalu jauh, kita akan kerepotan jika suatu hari harus mengunjungi tempat tersebut.


5. Sinyal Internet

Saat ini, internet menjadi kebutuhan yang sangat penting hampir bagi semua orang. Namun, penyebaran sinyal internet belum sepenuhnya merata. Ada tempat-tempat tertentu yang ternyataasih kesulitan mendapat jangkauan internet.

Oleh karena itu, sebelum menentukan akan tinggal di sebuah rumah kontrakan, pastikan sinyal internet di tempat tersebut stabil. Hal ini agar kita tidak mengalami kesulitan saat ingin mengakses internet.


Demikianlah 5 hal yang harus diperhatikan bagi para MABA yang ingin mencari kontrakan. Semoga kamu menemukan tempat tinggal yang ideal ya.


Sumber:kompas.com

Penulis:Pipin

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment