Tips Untuk menghadapi Ujian Akhir Semester

 Sudah tidak terasa ya sekarang perkuliahan sudah akan memasuki masa ujian akhir semester, bahkan beberapa kampus di Indonesia sudah ada yang mulai melaksanakan ujian akhir semesternya termasuk Universitas Bengkulu yang akan melaksanakan ujian akhir semester pada akhir bulan Mei ini. Tentunya para mahasiswa mengharapkan mendapatkan hasil yang baik dan tidak mengecewakan. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang baik itu juga kita sebagai mahasiswa harus menyiapkan beberapa hal dalam menghadapi ujian akhir semester yang akan datang.

(sumber : freepik.com)

Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi ujian akhir semester untuk para mahasiswa

1. Pelajari Kisi-Kisi Ujian

Sebelum ujian akhir berlangsung, dosen biasanya akan memberitahu kisi-kisi soal yang muncul di ujian. Maka dari itu, bagi para mahasiswa perlu mempelajari kisi-kisi materi yang telah dosen berikan. Adanya kisi-kisi ini akan memudahkan kamu belajar dikarenakan materi pelajaran yang perlu dipelajari sudah tercantum dalam kisi-kisi tersebut. Jadi, kamu tidak perlu takut dan cemas lagi.

2. Bacalah kembali catatan 

Saat kelas berlangsung dan dosen sedang menerangkan materi nya, tentunya kita akan mencatat apa saja hal yang menurut kita penting untuk diingat. Nah, saat akan ujian tentunya soal yang diberikan dosen tidak jauh dari hal materi yang sudah beliau jelaskan.

3. Menghindari tidur larut malam

Tidur larut malam atau begadang adalah salah satu hal yang membuat kondisi kesehatan tubuh dapat menurun. Oleh sebab itu, begadang sangat harus dihindari saat akan memasuki masa ujian dan tidur la tepat waktu agar tubuh tetap fit disaat pagi harinya.

4. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Pastikan suasana yang tercipta sesuai dengan kepribadianmu. Dengan menciptakan suasana yang nyaman tentu akan membuatmu menjadi lebih betah belajar dalam jangka waktu yang lama.

5. Membentuk kelompok diskusi

Untuk mahasiswa membentuk kelompok belajar sangatlah berguna dalam proses belajar karena dengan kelompok belajar para mahasiswa dapat langsung berdiskusi dan bertukar pikiran secara kritis terutama membahas kembali materi dari dosen. 

sumber : bola. com

penulis : Mulyani



Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment