PELATIHAN MANAJEMENT ORGANISASI

 






               HARI PERTAMA

hari/tanggal           : Sabtu, 13 November 2021
tempat                   : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu

 

 

Agenda hari pertama acara Pelatihan Manajemen Organisasi ( PMO ) yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu mengambil tema yaitu “ Resonance Our Leadership Character ”. Acara ini diikuti oleh 57 peserta secara offline dan 26 peserta secara daring. Peserta memasuki ruangan pada pukul 08.30 WIB. Dan acara ini dipandu oleh Yoga Ramanda Putra dan Hafiza Restuningrum sebagai Master of Ceremony ( MC ). Lalu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM yang dipandu oleh Heni Widiantari sebagai Dirigen.

Kemudian dilanjuti dengan kata sambutan oleh Dharma Manggala Putra selaku Ketua Panitia PMO 2021, Ary Mufti Insan Nanda selaku Ketua Umum HIMIKOM 2021, dan Ibu Lisa Adhrianti, S. Sos., M.Si selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi. Pukul 09.00 WIB dilanjutkan dengan pemotongan pita secara simbolis. Setelah itu, pembacaan do’a yang dipandu oleh Imam Paisal.

Lalu, sebelum memasuki materi pertama Tito Jaya Pratama dan Firrel Fisabillilah selaku Master of Ceremony ( MC ) non formal dan Adillah Khaira Amini selaku moderator yang akan memandu acara hari ini. Pukul 10.00 WIB  materi pertama yaitu materi kepemimpinan yang akan disampaikan oleh Lois Gencahyo S.I.Kom selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2015. Sesi pertanyaan pertama diisi oleh Kurnia Nur Azizah, Achmad Raditya Hibatullah dan Fachrul Prayoga selaku peserta yang bertanya. Dan dilanjuti dengan sesi pertanyaan kedua yang  diisi oleh Veona Nur Iddes, Elvana Melania Hutasoit dan Dimas Aji Erbianto selaku peserta yang bertanya. Kemudian dilanjuti dengan post test menggunakan Quizziz dengan memberikan 10 pertanyaan.

Pada pukul 11.15 WIB dilanjuti dengan materi kedua yaitu materi keuangan yang akan disampaikan oleh Yulia Elkamelia S.I.Kom selaku Bendahara Umum Periode 2016. Dan pada sesi pertanyaan diisi oleh Nova Fitri Hadi Saputri, Kurnia Nur Azizah dan Dimas Aji Erbianto selaku peserta yang bertanya kepada pemateri. Dan post test yang berhasil dijawab oleh Afifah Mufidah, Dimas dan Nabila Nur Syafitri. Setelah itu pukul 12.00 WIB dilanjuti dengan penyerahan sertifikat oleh Dharma Manggala Putra selaku Ketua Panitia PMO 2021 kepada Lois Gencahyo S.I.Kom selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2015 dan Yulia Elkamelia S.I.Kom selaku Bendahara Umum HIMIKOM Periode 2016. Pukul 12.05 WIB dilanjuti dengan ISAMA sampai dengan pukul 12.50 WIB.

Pukul 12.50 dilanjuti dengan materi ketiga yaitu materi surat menyurat yang akan disampaikan oleh Femil Okta Yolanda selaku Sekretaris Umum HIMIKOM Periode 2020. Sesi pertanyaan diisi oleh Abel Ratika Sari, Fachrul Prayoga dan Kurnia Nur Azizah selaku peserta yang bertanya kepada pemateri. Kemudian, dilanjuti dengan post test yang berhasil dijawab oleh Afifah Mufidah dan Mulyani Nasution. Dan dilanjuti dengan penyerahan sertifikat penghargaan oleh ketua panitia kepada pemateri.

Pukul 14.10 WIB dilanjuti dengan games yang dipandu oleh Tito Jaya Pratama dan Firrel Fisabilillah. Dan pada games ini menghasilkan 4 orang pemenang yang dimenangkan oleh Nova Fitri Hadi Saputri, Ade Jumiati, Salman Baity Tomimi dan Dimas Aji Erbianto. Setelah games berakhir, maka dilanjuti dengan materi ketiga dengan judul materi management event yang akan disampaikan oleh Santrian Wibiyanto S.I.Kom selaku Kepala Bidang I Penalaran dan Keilmuan Periode 2017. Lalu sesi pertanyaan pertama diisi oleh Nabila selaku peserta yang bertanya. Kemudian peserta membentuk kelompok yang terdiri dari 6 kelompok untuk presentasi event yang dibuat. Dan dimenangkan oleh kelompok 2, 5 dan 1. Sesi pertanyaan terakhir yang diisi oleh Ahmad Raditya selaku peserta yang bertanya. Dan dilanjuti penyerahan sertifikat penghargaan oleh ketua panitia kepada pemateri.

Kemudian, dilanjuti dengan kuis yang dipandu oleh Tito Jaya Pratama dan Firrel Fisabillilah. Dan kuis dimenangkan oleh Nabila Nur Syafitri dan Imron Saputra. Pukul 17.30 WIB diakhiri dengan penutupan agenda acara Pelatihan Manajemen Organisasi hari pertama oleh Tito Jaya Pratama dan Firrel Fisabilillah selaku Master of Ceremony ( MC ) non formal.

             


                       HARI KEDUA

                hari/tanggal        : Minggu, 14 November 2021

                tempat                : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu

 

            Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB mengalami keterlambatan waktu menjadi pukul 09.00 WIB karena menunggu kesiapan panitia dan adanya kendala teknis. Acara ini berlangsung secara hybrid dimana terdapat 53 peserta secara luring dan 24 peserta secara daring melalui zoom meeting. Acara dibuka oleh Tito Jaya Pratama dan Firrel Fisabilillah selaku host.

            Pada pukul 09.23 WIB, agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan topik “Manajemen Organisasi dan Konflik” yang dipandu oleh Mochammad Ichwanuttaqwa selaku moderator dan Agam Try Prasetyo, S.I.Kom. selaku pemateri. Sesi penyampaian materi berakhir pada pukul 10.38 WIB, kemudian dilanjutkan dengan post test dua pertanyaan yang berhasil dijawab oleh Nabila Nur Syafitri dan Dimas Aji Erbianto. Agenda ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada pemateri oleh Ketua Panitia.

            Pada pukul 10.50 WIB, agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan topik “Strengths, Weakness, Opportunities and Threats (SWOT)” oleh Bintara Santika Putra, S.I.Kom. selaku pemateri. Peserta dipersilahkan untuk melakukan ISAMA pada pukul 12.10 WIB, kemudian pemateri melanjutkan penyampaian materinya pada pukul 13.00 WIB. Sesi penyampaian materi berakhir pada pukul 13.18 WIB tanpa adanya post test. Agenda ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada pemateri oleh Ketua Panitia.

            Pada pukul 13.23 WIB, agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan topik “Teknis Sidang” oleh Sepriansyah Junaidi, S.I.Kom. selaku pemateri. Sesi penyampaian materi berakhir pada pukul 13.48 WIB, kemudian sembari menunggu persiapan panitia untuk praktik sidang maka agenda dilanjutkan dengan post test tiga pertanyaan yang berhasil dijawab oleh Sultan Syarief Igamario, Abel Ratika Sari dan Yogi Setiawan. Pada pukul 13.53 WIB, agenda dilanjutkan dengan praktik sidang berupa simulasi oleh peserta dengan Muhammad Oktarianto sebagai Presidium I, Dimas Aji Erbianto sebagai Presidium II dan Fachrul Prayoga sebagai Presidium III. Agenda ini selesai pada pukul 14.41 dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada pemateri oleh Ketua Panitia.

            Pada pukul 14.44 WIB, agenda dilanjutkan dengan games yang dipandu oleh Tito Jaya Pratama dan Firrel Fisabilillah selaku host. Dilanjutkan dengan pengumuman Putra dan Putri PMO 2021 yang dinobatkan kepada Nabila Nur Syafitri sebagai Putri PMO 2021 dan Dimas Aji Erbianto sebagai Putra PMO 2021.

            Pada pukul 15.52 WIB, agenda dilanjutkan dengan penutupan yang dipandu oleh Yoga Ramanda Putra dan Hafiza Restuningrum sebagai Master of Ceremony (MC). Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM yang dipandu oleh Nandini Yuriz Silviani sebagai dirigen. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Dharma Manggala Putra selaku Ketua Panitia PMO 2021, Ary Mufti Insan Nanda selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2021 dan Ibu Rasianna BR Saragih, S.Sos., M.Si. selaku Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi sekaligus menutup acara secara resmi., kemudian diakhiri dengan Doa yang dipimpin oleh Imam Paisal. Acara penutupan selesai pada pukul 16.13 WIB dan dilanjutkan dengan pembagian sertifikat PMO dan KOMPAK 2021 kepada peserta. Agenda tersebut selesai pada pukul 16.46 WIB dan peserta dipersilahkan untuk pulang.

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment