Kemah Orientasi Mahasiswa dan Pengembangan Organisasi 2019


Kemah Orientasi Mahasiswa dan Pengembangan Organisasi 2019


Kegiatan KOMPAK dari tanggal 18 - 21 Oktober 2019.

Agenda acara hari pertama dimulai pukul 06.00WIB sampai 07.00 WIB dengan melakukan rechecking peserta.Peserta yang hadir berjumlah 83 orang dari 86 orang yang mendaftar KOMPAK 2019. Kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan KOMPAK 2019dimulaidari jam 08.00 WIB. Acaradimulaidengan kata sambutanoleh Genta Illham Syafutra selakuKetuaPanitia, HairianFasiselakuKetuaUmum HIMIKOM Periode 2019 dn Ibu Yuliati,S.Sos., M.I.Kom selaku Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi sekaligus membuka acara secara resmi dengan penerbangan balon secara simbolis.  Acaradilanjutkandenganmenyanyikanlagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM yang dipanduolehReftha Tiffany. Kemudian diakhiri dengan doa yang dipandu oleh Bima Agusfa.
Keberangkatan dimulai pukul 09.30 WIB dengan menggunakan kendaraan bus. Peserta tiba di lokasi pukul 13.00 WIB. Kemudian kegiatan berlanjut dengan penegakan tenda, serta memberikan edukasi kepada peserta tentang cara menegakkan tenda dengan benar. Pembuatan tenda berlangsung hingga pukul 14.30 WIB. Setelah penegakan peserta diberikan waktu 30 menit untuk mandi dan dilanjutkan dengan makan bersama. Kemudian peserta diarahkan untuk salat asar bagi yang menjalankan dan peserta lainnya melakukanice breaking dan sharing. Kemudian acara selanjutnya adalah penyambutan dari pihak desa sidoluhur yang diwakili oleh perangkat desa pada pukul 16.00 WIB Hingga pukul 17.30 WIB. Selanjutnya peserta diarahkan untuk salat magrib. Kemudian perserta diarahkan untuk makan malam dan dilanjutkan dengan salat isya.
Acara selanjutnya adalah diskusi dengan perangkat desa pada pukul 20.00 WIB, pada kegiatan ini peserta diberikan pemahaman bagaimana cara mereka agar dapat berinteraksi dengan baik serta dapat menerapkannya di lingkungan masyarakat luas. Serta kegiatan ini juga berfungsi sebagai sarana menyambung silaturahmi dengan warga desa Sido Luhur. Dalam kegiatan ini juga ditampilkan video profil desa Sido Luhur serta penyerahan plakat kepada desa sebagai kenang-kenangan dari Ilmu Komunikasi. Kegiatan berlangsung hingga pukul 21.30 WIB. Setelah itu para peserta diarahkan untuk beristirahat di tenda mereka masing-masing.

Kegiatan hari kedua dimulai pukul 00.30 WIB, panitia mengadakan briefing sebelum adanya kontemplasi 1. Acara kontemplasi 1 dimulai pada pukul 01.00 WIB hingga pukul 02.30 WIB, dengan penanggung jawab Moch Aldira Noprasetia dari Ilmu Komunikasi angkatan 2015. Setelah itu, seluruh peserta KOMPAK 2019 mendapatkan coolingdown yang berfungsi sebagai penenang setelah kontempolasi 1. Pukul 03.00 WIB seluruh peserta diarahkan untuk tidur kembali.
Peserta lalu dibangunkan kembali untuk melaksanakan salat subuh pada pukul 04.45 WIB. Pagi hari, seluruh peserta dan panitia KOMPAK 2019 berkumpul di lapangan voli untuk melaksanakan senam pagi. Setelah senam pagi, seluruh peserta diminta untuk menyiapkan perlengkapan mandinya, dan peserta diarahkan menuju sungai untuk mandi. Setelah itu, peserta diarahkan ke tenda untuk sarapan pagi.
Pukul 08.00 WIB seluruh peserta KOMPAK 2019 di kumpulkan di lapangan untuk mempersiapkan acara selanjutnya yaitu rally post. Tepat pukul 08.30 WIB peserta KOMPAK 2019 dilepaskan satu per satu untuk menjalankan rally postsecara berurutan. Pesertarally post yang dilepaskan pertama adalah kelompok 1 dan diakhiri oleh kelompok 8. Rally post selesai pukul 16.30 WIB.
Setelah rally post berakhir, seluruh peserta diarahkan untuk membersihkan diri dan salat asar di masjid. Sesudahnya, peserta dibawa kembali ke lokasi perkemahan dan  menjelang waktu salat magrib peserta diarahkan untuk salat magrib di masjid dan dilanjutkan dengan makan malam. Peserta diarahkan kembali untuk salat isya. Pukul 18.30 WIB sampai 19.30 WIB adalah agenda malam keakraban peserta. Pukul 20.00 WIB seluruh peserta kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat. Pukul 23.00 WIB panitia mengadakan briefing untuk Kontemplasi 2.

Kegiatan hari ketiga diawali dengan kontemplasi 2 yang dimulai dari pukul 00.30 WIB hingga pukul 02.00 WIB. Ketua umum HIMIKOM periode 2011 Edwin Syaputra ditunjuk sebagai pemateri di kontemplasi 2. Tujuan dalam kontemplasi 2 ini adalah terciptanya mahasiswa ilmu komunikasi yang kompeten dan memberikan renungan kepada peserta akan pentingnya  kekeluargaan khususnya didalam keluarga besar ilmu komunikasi. Setelah kontemplasi2 selesai, peserta diarahkan untuk tidur kembali.
Pukul 04.45 WIB peserta dibangunkan kembali untuk salat subuh. Agenda setelah salat subuh adalah senam pagi. Setelah kegiatan senam pagi berakhir, peserta mengambil perlengkapan mandi dan bergerak menuju sungai untuk mandi dari pukul 06.00 WIB. Pada pukul 06.30 WIB kegiatan dilanjutkan dengan sarapan pagi.
Kegiatan selanjutnya adalah Bakti Sosial ke masyarakat yang dilakukan dari pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Pada kegiatan bakti sosial para peserta diarahkan untuk berinteraksi dengan warga dan melakukan pemungutan sampah di area lingkungan warga sekitar lapangan, tak hanya itu para peserta laki-laki diarahkan untuk mengumpulkan kayu bakar yang tersedia di sekitar lapangan guna membuat api unggun di malam puncak.
Pukul 12.00 WIB peserta diarahkan untuk salat zuhur. Pukul 14.00 hingga 15.30 WIB diadakannya pertandingan voli bersama dengan peserta, panitia dan senior.  Setelah pertandingan voli peserta diarahkan menuju masjid untuk salat asar. Agenda dilanjutkan dengan gamesyang melibatkan peserta, panitia, senior, dan alumni.
Setelah games berakhir perserta diarahkan untuk mandi pada pukul 17.30 WIB, lalu dilanjutkan dengan salat magrib dan makan malam. Selanjutnya adalah Penampilan kreativitas  mahasiswa yang dijadwalkan dari pukul 19.30 WIB. Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan oleh ketua panitia dan ketua umum HIMIKOM. Acara malam puncak ini dihadiri oleh warga desa setempat. Acara dilanjutkan dengan penampilan kreativitas dari setiap kelompok serta pembacaan surat cinta yang sebelumnya telah ditulis oleh peserta. Di penghujung acara, tamu undangan dan peserta diajak untuk menyanyikan beberapa lagu. Penampilan kreatifitas ini selesai pada pukul 22.30 WIB.
Selanjutnyaadalah acara top secret, tujuan dari top secret ini adalah untuk menghibur panitia, peserta, senior, tamu undangan dan alumni.Top secret selesai pada pukul 23.00 WIB, selanjutnya peserta diarahkan untuk istirahat di tenda masing-masing.

Kegiatan di hari keempat diawali dengan briefing kontemplasi 3 pada pukul 02.00 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan kontemplasi 3 pada pukul 03.00 WIB hingga pukul 04.30 WIB, dengan penanggung jawab Agam Try Prasetyo dari Ilmu Komunikasi angkatan 2016.Setelah kontemplasi 3 selesai, peserta diarahkan untuk salat subuh ke masjid pada pukul 04.45 WIB.Pagi hingga siang hari peserta menyiapkan barang yang akan dibawa pulang. Peserta yang dibantu dengan panitia juga senior, membongkar tenda dan merapikan seluruh barang-barang agar bisa dibawa pulang ke Bengkulu.      Agenda selanjutnyapukul 11.00 WIB adalah  penutupan KOMPAK dan pengumungan putra putri kompak, serta pengumuman pemenang  yel-yel, kelompok dan pensi terbaik. Putra Kompak 2019 adalah Farriz Iqbal Putra Wirawan dan Putri Kompak 2019 adalah Feoni April K, yel-yel terbaik adalah kelompok 6, kelompok terbaik adalah kelompok 1 dan pensi terbaik adalah kelompok 2. Setelah acara penutupan selesai peserta pulang menggunakan bus pada pukul 13.00 WIB dan sampai di pelataran gedung jurusan FISIP UNIB sekitar pukul 15.25 WIB. Setelahnya peserta diarahkan untuk pulang kerumah masing-masing.


Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment