Pekan Ilmu Komunikasi Tahunan 2019

Pekan Ilmu Komunikasi 2019


Kegiatan Pekan Ilmu Komunikasi Tahunan 2019 dimulai dari tanggal 18 – 31 Agustus 2019

Pra Event We Are Advertiser (WEAVER)
Minggu, 18 Agustus 2019
          Kegiatan Pelatihan Desain Komunikasi Visual (PDKV) WEAVER 2019 diawali dengan pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Gedung RRI Bengkulu, pembukaan dimulai dengan kata sambutan dari ketua panitia PILKITA, saudari Amma Sabrina Mashitah, dilanjutkan kata Sambutan Ketua Umum HIMIKOM Hairian Fasi sekaligus membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Desain Komunikasi Visual 2019. Acara pembukaan dilakukan pukul 10.00 WIB yang mengalami keterlambatan dari jadwal yang telah ditetapkan pada agenda kegiatan. Kegiatan langsung dilanjutkan dengan materi tentang Desain Komunikasi Visual yang disampaikan oleh saudari Yurika Pratiwi, penyampaian materi berlangsung beriringan dengan praktik membuat desain menggunakan aplikasi Photoshop, materi dan praktik berlangsung hingga pukul 13.00 WIB, kemudian pemateri dan peserta kegiatan diberi waktu untuk istirahat dan makan siang.
Pukul 14.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan menampilkan desain yang telah dibuat oleh peserta kegiatan Pelatihan Desain Komunikasi Visual 2019 untuk dinilai oleh pemateri, dan menentukan desain yang terbaik dari peserta. Setelah itu, nama 3  peserta dengan desain terbaik disampaikan, desain yang terpilih pertama adalah desain oleh saudara Dian Siti nurazizah Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2019, kedua oleh saudara Badrani Ridhagama Islamiya Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2017, dan desain ketiga oleh Abdul Majid Mustofa Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019. Setelah penyampaian nama 3 peserta dengan desain terbaik, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada 3 orang peserta tersebut, hadiah diserahkan langsung oleh Pemateri Kegiatan PDKV WEAVER 2019, Kepala Badan Periklanan HIMIKOM periode 2019, dan Ketua Panitia PILKITA 2019.

Pra Event We Are Broadcaster (WEABER)
Sabtu, 24 Agustus 2019
Pelatihan Public Speaking WEBER dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019 di ruang Padri RRI Bengkulu. Acara pertama yaitu Opening Ceremony yang dimulai pukul 08.00 WIB dipandu oleh Femil Okta Yolanda selaku pemandu acara opening ceremony Pelatihan Public Speaking. Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Umum HIMIKOM Tiara Rahmadani Putri, Ketua Badan Penyiaran HIMIKOM Regita Stavena, Ketua Panitia PILKITA Amma Sabrina Mashitah, Pemateri Pelatihan Deny Kurniawan, S.E dan Henri Johan, S,Sos, Panitia Pelaksana, serta 54 peserta Pelatihan Public Speaking. Pukul 08.30 WIB acara pembukaan ditutup dan dilanjutkan dengan acara utama yang dipandu oleh M. Rahma Aji selaku moderator. Acara utama dimulai dengan penyampaian materi oleh Deny Kurniawan, S. E selaku pemateri 1 Pelatihan Public Speaking. Penyampaian materi 1 diakhiri pada pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pemateri 2 yaitu Henri Johan, S. Sos selaku perwakilan dari RRI Bengkulu. Penyampaian materi 2 diakhiri pada pukul 11.40 WIB. Acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada kedua pemateri Pelatihan Public Speaking WEBER PILKITA. Setelah itu, acara selesai pukul 12.00 WIB dan  ditutup dengan foto bersama pemateri, panitia, serta peserta Pelatihan Public Speaking WEBER PILKITA 3.0.

Opening Ceremony PILKITA 3.0
Minggu, 25 Agustus 2019

Acara pembukaan PILKITA 3.0 dilaksanakan pada hari minggu, 25 Agustus 2019 di GSG Kantor Gubernur. Acara pembukaan yang langsung diisi dengan konten PILKITALK (PILKITA TALKING SESSION) dimulai sejak pukul 07.00 WIB untuk rechecking peserta dari konten PILKITALK. Lalu acara resmi dibuka secara formal pada pukul 09.00 WIB sedikit terlambat dari rundown dikarenakan menunggu tamu undangan yang hadir. Acara pembukaan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan  dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Panitia PILKITA 3.0 Amma Sabrina Mashitah, Ketua Umum HIMIKOM Hairian Fasi, Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu Lisa Adhrianti S,Sos, M.Si. dan Mohammad Saleh selaku Anggota DPR RI  Provinsi Bengkulu dan Ketua Ikatan Alumni Universitas Bengkulu yang sekaligus membuka acara secara resmi. Sekitar jam 09.30 WIB acara dilanjutkan dengan Atraksi Dol yang menghibur para peserta dan undangan yang hadir. Lalu pada pukul 10.00 WIB acara Opening Ceremony selesai dan dilanjutkan dengan kegiatan PILKITALK.

PILKITA Talking Session (PILKITALK)
Minggu, 25 Agustus 2019

Konten PILKITA Talking Session (PILKITALK) dimulai pada pukul 10.00 WIB yang langsung dipandu oleh Adi Idham Siregar, S.Ikom sebagai moderator. PILKITALK 2019 mengangkat tema “What Is IoT and The Connection To The Filmmaking Industry”. Acara diisi oleh Pemateri Youtuber muda Indonesia, yaitu Agung Hapsah. Konten PILKITALK diisi dengan penyampaian materi oleh Agung Hapsah, sesi tanya jawab, penyerahan plakat dan kenang-kenangan kepada pemateri, dan sesi foto bersama Agung Hapsah. Acara selesai pada pukul 11.30 WIB. Setelah itu, penyampaian materi dari pihak OJK Bengkulu sekaligus menutup acara yang diakhiri hingga pukul 12.00 WIB.



HIMIKOM Futsal Competition (HFC)

Lomba HFC PILKITA 2019 ini dilaksanakan pada Senin, 26 – 28 Agustus 2018. Kegiatan pertama diawali dengan pengisisan line up pertandingan pertama. Kegiatan selanjutnya adalah pertandingan pertama penyisihan 41 besar antara The Brugo melawan Perseta, dan pertandingan dimenangkan oleh The Brugo dengan skor 6-2. Pertandingan kedua antara Bencoleen FC melawan Gradients dimenangkan oleh Gradients dengan skor 3-2. Pertandingan ketiga antara Chakra Bayangkara melawan Habib FC dimenangkan oleh Chakra Bayangkara dengan skor 4-2, Pertandingan keempat antara Black Horse melawan Barakuda dimenagkan oleh Barakuda dengan skor 7-1. Pertandingan kelima antara FAD melawan Dames fc dimenangkan oleh Dames FC dengan skor 6-3, Pertandingan keenam antara Madridista Bengkulu melawan Masako FC dimenangkan oleh Madridista Bengkulu dengan skor 10-0, Pertandingan Ketujuh antara The Minions melawan Putra Gunung Bungkuk FC dimenangkan oleh The Minions dengan skor 5-4, Pertandingan Kedelapan antara Romanish Bengkulu melawan HIMIKOM dimenangkan oleh Romanish Bengkulu dengan skor 11-0, Pertandingan Kesembilan antara Himep melawan Jati 19 (B) dimenagkan oleh Jati 19 (B) dengan skor 12-1, Pertandingan Kesepuluh antara BJF melawan Zora FC dimenangkan oleh Zora FC dengan skor 6-1, Pertandingan Kesebelas antara Aurora melawan Jati 19 (A) dimenangkan oleh Jati 19 (A) dengan skor 3-2, Pertandingan  Keduabelas antara MU 4 FC melawan Lempuin dimenangkan oleh MU 4 FC dengan skor 5-2, Pertandingan Ketigabelas antara KPM melawan HIMAKS (B) dimenangkan oleh KPM dengan skor 5-1, Pertandingan Keempatbelas antara Payung FC melawan Toke FC dimenangkan oleh Payung FC dengan skor 5-2.

Pada hari kedua dilanjutkan Pertandingan Kelimabelas antara Tagency melawan Parbasu FC dimenangkan oleh Parbau FC dengan skor 8-3, Pertandingan Keenambelas antara Patrimony melawan BFC dimenangkan oleh BFC dengan skor3-0, Pertandingan Ketujuhbelas antara UKM Futsal Unib melawan The Brugo dimenangkan oleh Ukm Futsal Unib dengan skor 6-4, Pertandingan Kedelapanbelas antara Bisquat melawan Gradients dimenangakan oleh Gradients dengan skor 6-5, Pertandingan Kesembilanbelas antara FHB melawan Chakra Bayangkara dimenangkan oleh Chakra Bayangkara dengan skor 7-6, Pertandingan Keduapuluh antara HIMA KS (A) melawan Barraccuda dimenangkan oleh Barracuda dengan skor 3-2, Pertandingan Keduapuluh antara Batax Steel FC melawan Dames FC dimenangkan oleh Batax Steel FC dengan skor 8-4, Pertandingan Keduapuluhdua antara Dio Ba Mas melawan Madridista dimenangkan oleh Madridista dengan skor 3-2, Pertandingan Keduapuluhtiga antara Bandaraya melawan The minion dimenangkan oleh Bandaraya dengan skor 6-4, Pertandingan Keduapuluhempat antara Romansti Bengkulu melawan HIMAGROTEK dimenangkan oleh Romansti Bengkulu dengan skor 6-2, Pertandingan Keduapuluhlima antara Jati 19 (B) melawan Kenanga Muda dimenangkan oleh Jati 19 (B) dengan skor 5-1, Pertandingan Keduapuluhenam antara Ukm Futsal Unib melawan Zora FC dimenangkan oleh Zora FC  dengan skor 4-2, Pertandingan Keduapuluhtujuh antara Payung FC melawan Gradients dimenangkan oleh Gradients dengan skor 4-1, Pertandingan Keduapuluhdelapan antara Barracuda melawan Cakhra Bayangkra dimenangkan oleh Cakhra Bayangkara dengan skor 9-0.

Padahari ketiga dilanjutkan Pertandingan Keduapuluhsembilan antara Batax Steel  FC melawan Jati 19 (A) dimenangkan oleh Batax Steel FC dengan skor 4-3 , Pertandingan Ketigapuluh antara MU 4 FC melawan HIMAGROTEK dimenangkan oleh MU 4 FC dengan skor 4-1, Pertandingan Ketigapuluhsatu antara Dames FC melawan Bandaraya FC dimenangkan oleh Bandaraya FC dengan skor 4-2, Pertandingan Ketigapuluhdua antara Romanisti FC melawan BFC dimenangkan oleh BFC dengan skor 5-2, Pertandingan Ketigapuluhtiga antara Jati 19 (B) melawan KPM FC dimenangkan oleh KPM FC dengan skor 6-3, Pertandingan Ketigapuluhempat antara Zora FC melawan Gradients dimenangkan oleh Gradients dengan skor 5-1, Pertandingan Ketigapuluhlima antara Batax Steel FC melawan Chakra Bayangkara dimenangkan oleh Chakra Bayangkra dengan skor 6-5, Pertandingan Ketigapuluhenam antara Bandaraya FC melawan MU 4 FC dimenangkan oleh MU 4 FC dengan skor 2-0, Pertandingan Ketigapuluhtujuh antara BFC melawan KPM FC dimenangkan oleh BFC dengan skor 5-1, Pertandingan Semifinal 1 antara Gradients melawan Chakra Bayangkara dimenangkan oleh Gradients, Pertandingan Semifinal 2 antara BFC melawan MU 4 FC dimenangkan oleh MU 4 FC dengan skor 3-2, Pertandingan Juara 3 antara Chakra Bayangkara melawan BFC dimenangkan oleh BFC dengan skor 8-7, Pertandingan Final antara Gradients melawan MU 4 FC dimenangkan oleh Gradients.


Debate Of Communication Arcade
 Kamis, 29 Agustus 2019
DECADE (Debat Of Communication Arcade) diselenggarakan selama 2 hari. Lomba debat tahun ini mengusung tema “Bijak Bermedia untuk Indonesia Lebih Baik”. Peserta lomba debat tahun ini berjumlah 18 tim. Peserta merupakan Siswa/I Sekolah Menengah Atas kota Bengkulu serta Mahasiswa/I Universitas Bengkulu. Adapun dewan jurinya yaitu Muhammad Syahwalan, S.H.I, Heri Aprizal,  Dionni Ditya Perdana, S.Ikom, M.Ikom. Acara pembukaan DECADE dimulai pada pukul 08.15 WIB. Kualifikasi pertama dimulai pada pukul 08.30 WIB antara tim D SMA IT vs tim B SMANDA. Kualifikasi kedua dimulai pada pukul 09.15 WIB antara tim C SMAPA vs tim A SMA IT. Kualifikasi ketiga dimulai pada pukul 10.00 WIB antara tim A SMAPA vs tim FH. Kualifikasi keempat dimulai pada pukul 10.45 WIB antara tim C SMANLI vs tim E&H. Kualifikasi kelima dimulai pada pukul 11.30 WIB antara tim A SMANLI vs tim C SMA IT. Selama ISHOMA Kegiatan terhenti empat puluh menit. Selanjutnya kualifikasi keenam dimulai pada pukul 13.00 WIB antara tim B SMAPA vs tim FISHUM. Kualifikasi ketujuh dimulai pada pukul 13.45 WIB antara tim Sugar Cookie vs tim A SMANDA. Kualifikasi kedelapan dimulai pada pukul 14.30 WIB antara MB TEAM vs tim B SMANLI. Kualifikasi terakhir dimulai pada pukul 15.15 WIB antara tim Administrasi Publik vs tim B SMA IT. Perhitungan poin selama lima belas menit dan pada babak kualifikasi ini empat tim yang lolos yaitu tim FH, tim Administrasi Publik, tim D SMA IT dan tim C SMANLI. Hari pertama berakhir pada pukul 16.30 WIB.
            Jumat, 30 Agustus 2019
            Lomba debat DECADE ( Debat Of Communication Arcade) hari kedua dimulai pukul 09.00 WIB. Semifinal pertama diawali oleh tim Administrasi Publik vs tim D SMA IT. Dilanjutkan semifinal kedua oleh tim FH vs tim C SMANLI. Tim yang lolos final yaitu tim FH vs tim Administrasi Publik. Selanjutnya babak perebutan juara ketiga antara tim D SMA IT vs tim C SMANLI. Perhitungan poin menghasilkan juara pertama diraih oleh tim FH dengan jumlah poin 2.970. Juara kedua diraih oleh tim Administrasi Publik dengan jumlah poin 2.966. Juara ketiga diraih oleh tim C SMANLI dengan jumlah poin 2.876. The Best Speaker diraih oleh pembicara pertama Rahmat Hidayat dari tim FH dengan perolehan nilai 1.011. Hari kedua berakhir pada pukul 12.10 WIB.

Event Lomba E-Sport
Sabtu, 31 Agustus 2019
Kegiatan PUBG Mobile Tournament ini dimulai pada pukul 10.00 WIB. Peserta yang mengikuti PUBG Mobile Tournament ada 14 team. Saat peserta telah hadir pertandingan pertama berlangsung selama sekitar kurang lebih 30 menit. Pertandingan pertama dimenangkan oleh team Aldare Not’s dengan mendapatkan 30 point ditambah dengan 12 kill, jadi dengan total 42 point. Setelah pertandingan pertama, dilanjutkan dengan  istirahat selama 15 menit. Pertandingan kedua berlangsung selama kurang lebih 40 menit yang dimenangkan oleh team TOD, dengan 16 kill dan ditambah 30 point sehingga total yang didapat adalah 46 point dan dilanjutkan dengan istirahat selama 15 menit. Setelah istirahat, pertandingan ketiga dilanjutkan. Pertandingan ketiga berlangsung sekitar kurang lebih 40 menit. Pemenang dalam pertandingan ketiga diambil alih oleh team RDehasen dengan total 40 point, yang dimana 30 point dan ditambah oleh 10 kill. Pertandingan keempat berlangsung setelah 15 menit istirahat. Pada pertandingan keempat dimenangkan kembali oleh RDehasen dengan 30 point dan 21 kill sehingga total yang didapat adalah 51 point. Kemenangan tersebut terbayar dengan berlangsungnya pertandingan sekitar kurang lebih 45 menit.Sebelum berlanjut ke pertandingan kelima atau pertandingan terakhir, peserta istirahat selama 15 menit.15 menit berlalu, pertandingan terakhir dimulai dan berlangsung sekitar kurang lebih selama 35 menit. Kemenangan pada pertandingan kelima direbut kembali oleh team Aldare Not’s yang mencapai 45 point, dengan 30 point dan 15 kill. Pertandingan selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Setelah 15 menit panitia menghitung hasil keseluruhan point akhirnya diketahui bahwa pemenang pada PUBG Mobile Tournament adalah team Aldare Not’s sebagai juara I, team RDehasen sebagai juara II, dan team TOD sebagai juara III.
Closing Ceremony PILKITA 3.0
Sabtu, 31 Agustus 2019

Acara penutupan PILKITA 3.0 dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 31 agustus 2019 dengan tema “Beyond The Lights”. Acara penutupan dimulai pada pukul 19.00 WIB yang diisi dengan kata sambutan dari Ketua Panitia PILKITA Amma Sabrina Mashitah 3.0, Ketua Umum HIMIKOM Hairian Fasi, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UNIB Lisa Adhrianti S.Sos, M.Si, Wadek II FISIP UNIB Dr. Gushevinalti, S.Sos, M.Si, dan Manajer BIM Irwandi Putra, yang langsung membuka acara secara resmi. Lalu acara hiburan dimulai dengan pemutaran teaser dan opening words dari Kepala Main Event PILKITA 3.0, yang setelah itu dilanjutkan dengan penampilan HIMA dan UKM yang ada di UNIB. Penampilan-penampilan tersebut diselingi dengan pembacaan pemenang dari tiap lomba yang diadakan oleh PILKITA 3.0. seperti E-Sports, HFC (HIMIKOM FUTSAL COMPETITION), dan lomba debat. Acara penutupan selesai pada sekitar pukul 23.00 WIB.

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment