Welcome To Communication 2019



Welcome to Communication 2019




Kegiatan Welcome to Communication 2019 dimulai dari tanggal 14 - 15 September 2019 

Agenda acara hari pertama dimulai pukul 07.00 WIB sampai 08.00 WIB dengan melakukan rechecking peserta dan tamu undangan. Peserta yang hadir berjumlah 95 orang dari 103 orang yang mendaftar WTC 2019 dan tamu undangan yang hadir berjumlah 43 orang. Acara pembukaan WTC 2019 dimulai dari jam 08.00 WIB mengalami pengunduran waktu 15 menit dikarenakan menunggu kedatangan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi untuk membuka acara secara resmi. Pukul 08.15 WIB acara dimulai dengan pembacaan Tilawah dan Sari tilawah oleh Muhammad As Siddiq dan Tiara Dita Plamonia. Dilanjutkan dengan laporan serta kata sambutan oleh Muhammad Abiyyu selaku Ketua Panitia dan Kata Sambutan oleh Hairian Fasi selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2019. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Himikom yang dipandu oleh Glorya Napitupulu. Selanjutnya acara WTC 2019 dibuka secara resmi oleh Ketua Umum HIMIKOM Periode 2019 dengan pemotongan pita, penandatanganan spanduk, serta penyambutan mahasiswa/i baru secara simbolis oleh perwakilan angkatan 2019 yakni Fikri Candra Ramadhan dan Anisa Erlangga. Acara Pembukaan WTC 2019 selesai pada pukul 09.15 WIB
Agenda acara selanjutnya yaitu kunjungan ke media Bengkulu  Ekspress (BE). Peserta berangkat dari GB II UNIB menuju lokasi kunjungan media pukul 09.20 WIB dan sampai di Bengkulu  Ekspress (BE) pukul 09.35 WIB. Dalam kunjungan media di Bengkulu Ekspress peserta dibagi menjadi dua kelompok besar untuk mendapatkan materi dari BE TV dan BE Koran. Demi efisiensi waktu setiap kelompok besar akan mendapatkan materi secara bergantian (Rolling). Kunjungan di Bengkulu Ekspress berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Acara kunjungan ditutup dengan kata sambutan dari perwakilan Bengkulu Ekspress dan Ketua Pelaksana WTC 2019 sekaligus pemberian  cendramata kepada pihak Bengkulu Ekspress.
Kunjungan media selesai pada pukul 12.00 WIB. Seluruh peserta diarahkan kembali ke GB II UNIB untuk istirahat, salat, dan makan (ISAMA)
Acara selanjutnya yaitu WTC’s Talkshow dengan topik “Kepemimpinan dan Organisasi” di ruang 11 GB II UNIB. Acara Talkshow dimulai pukul 13.15 WIB yang dipandu oleh Wulan Shafitri dan Muhammad Rama Aji selaku pembawa acara. Dilanjutkan dengan pemanggilan narasumber yakni Erik Catur Nugroho selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2009, Lois Gencahyo selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2015, dan Yoga Guntara selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2018. Acara dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab, iklan sponsor, dan terakhir pemberian cenderamata kepada narasumber, talkshow berakhir pada pukul 14.45 WIB. Dilanjutkan dengan obrolan ringan, give away, dan penayangan film SENJA dari komunitas COMMA (Communication cinematography) yang berakhir pada pukul 15.30 WIB dan langsung dilanjutkan dengan istirahat dan salat.
Acara dilanjutkan dengan Simulasi Debat yang dimulai pukul 15.45 WIB. Simulasi Debat dipandu oleh Glorya Napitupulu selaku moderator dan Afredy Anugra selaku juri Simulasi Debat. Dalam Simulasi Debat ini diangkat dua mosi yaitu “Pemblokiran media sosial usai Pilpres termasuk pembatasan HAM (Hak Asasi Manusia)” dan “Perspektif masyarakat pada media bahwa kekerasan seksual hanya terjadi pada perempuan”. Dilanjutkan dengan penyampaian argumen pro dan kontra, penyanggahan, ulasan, dan penilaian dari dewan juri. Dalam Simulasi Debat ini tim Kontra menjadi pemenang, serta Mikrom Amadea Utama dan Ary Mufti Insan Nanda menjadi pemenang Best Speaker. Acara Simulasi Debat berakhir pukul 17.00 WIB sekaligus menjadi penutup rangkaian acara  WTC 2019 pada hari pertama.


Acara hari kedua diawali dengan rechecking peserta pukul 07.00 WIB sampai 08.00 WIB sekaligus melakukan penilaian terhadap yel–yel dari setiap kelompok sebelum memasuki ruangan. Peserta yang hadir berjumlah 94 orang dari 103 orang yang mendaftar WTC 2019 dan tamu undangan yang hadir berjumlah 89 orang. Acara dilanjutkan dengan obrolan ringan, give away, dan langsung dilanjutkan ke Penampilan Pentas Seni dari peserta yang dimulai pukul 08.00 WIB dan dipandu oleh Mayang Sri Wedari dan Aryan Saputra. Dalam agenda ini setiap kelompok memberikan penampilan terbaik yang akan dinilai oleh panitia penanggung jawab. Kelompok yang mendapatkan perolehan nilai tertinggi akan menjadi pemenang Pensi
(Pentas Seni) Terbaik. Acara berakhir pukul 10.45 WIB dan dilanjutkan dengan berganti pakaian selama 15 menit hingga  pukul 11.00 WIB.
Agenda acara selanjutnya yaitu Sosialisasi HIMIKOM yang dimulai pukul 11.00 WIB. Diawali dengan pengenalan pengurus dan sosialisasi dari setiap bidang dan badan yang ada di HIMIKOM, serta sosialisasi media daring oleh Badan Periklanan. Setelah itu, Dilanjutkan dengan sosialisasi Amanat Muker oleh Tiara Rahmadani Putri selaku Sekretaris Umum HIMIKOM periode 2019, dan sosialisasi DBO (Dana Bantuan Organisasi) oleh Riska Novira selaku Bendahara Umum HIMIKOM periode 2019. Acara ini berakhir pukul 12.30 WIB dan dilanjutkan dengan istirahat, salat, makan (ISAMA)  hingga pukul 13.00 WIB.
Acara dilanjutkan dengan Rally Post yang dimulai pukul 13.20 WIB. Acara ini mengalami keterlambatan 20 menit dikarenakan menunggu beberapa tamu undangan sebagai pemateri di posko Rally Post. Dalam Rally Post terdapat 10 pos (pos Alumni, pos Presidium, pos Bidang Penalaran dan Keilmuan, Bidang Pengembangan Organisasi, Badan Jurnalistik, Badan Penyiaran, Badan Periklanan, Badan Olahraga, Badan Cipho, dan Kesekretariatan). Sistem yang digunakan peserta yaitu sistem Sudoku yang setiap kelompok akan mendapatkan urutan posko yang berbeda untuk dikunjungi. Pada pukul 16.00 WIB agenda Rally Post dihentikan selama 15 menit untuk Salat dan setelah itu kembali melanjutkan Rally Post. Pada pukul 17.00 WIB seharusnya Rally Post sudah selesai akan tetapi terdapat beberapa kendala sehingga diberikan tambahan waktu 20 menit hingga pukul 17.20 WIB. Karena beberapa kendala tersebut, akhirnya Rally Post dihentikan dan langsung dilanjutkan dengan berganti pakaian persiapan malam puncak dan ISAMA .
Acara terakhir dari WTC 2019 yaitu Malam Puncak yang dimulai pukul 19.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh peserta, pengurus HIMIKOM, senior dan alumni Ilmu Komunikasi UNIB. Acara Malam Puncak dipandu oleh Lilian Vira Utami dan Muhammad Habil selaku MC Hiburan. Dilanjutkan dengan give away dari sponsor, pengumuman kelompok terbaik, Pentas seni terbaik, yel–yel terbaik, dan pengumuman Putra Putri WTC 2019 yang disematkan kepada Wilyadi Bintang dan Dina Seftia. Acara selanjutnya yakni penampilan akustik perwakilan dari angkatan 2019, 2018, 2017, dan ditutup oleh penampilan Eldentics Band. Acara Malam Puncak selesai pukul 21.30 WIB, semua peserta dan tamu undangan diarahkan untuk meninggalkan lokasi. Dilanjutkan dengan membereskan ruangan oleh seluruh panitia WTC 2019 hingga pukul 22.30 WIB.

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment