Pekan Ilmu Komunikasi Tahunan (PILKITA) 5.0

            Hari Pertama

Minggu, 21 Agustus 2022

Acara pembukaan yang dijadwalkan pukul 08.00 WIB mengalami kemunduran waktu dikarenakan menunggu kedatangan tamu dan peserta. Acara dibuka pukul 09.55 WIB oleh Yoga Ramanda Putra dan Hafiza Restuningrum selaku Master of Ceremony. Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan penampilan tari persembahan oleh Salju Qurratta Ayyun, Dea Tussaniah, Elissa Rahmadanti, Reni Dwi Febriadha, dan Rizky Amanda Aulia. Selanjutnya, pukul 10.05 WIB dilakukannya pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Tri Astuti. Setelah pembacaan ayat Suci Al-Qur’an selesai, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM oleh seluruh hadirin yang dipandu oleh Heni Widiantari selaku dirigen. Acara selanjutnya yaitu kata sambutan Ketua Panitia oleh Wirandanof dan dilanjutkan dengan kata sambutan Ketua Umum HIMIKOM yaitu Tito Jaya Pratama sekaligus membuka acara secara simbolis. Setelah selesai, pukul 10.28 WIB dilanjutkan dengan doa yang dipandu oleh Fikri Al-Fadlullah. Kemudian acara pembukaan ditutup pukul 10.30 WIB secara resmi oleh Yoga Ramanda Putra dan Hafiza Restuningrum selaku Master of Ceremony.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan Talkshow PILKITA (PILKITALK) yang dilaksanakan secara offline.Pembukaan PILKITALK dimulai pukul 10.35 WIB yang dipandu oleh Adillah Khaira Amini selaku pembawa acara. Acara pembukaan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Hafizdh selaku program manager sekaligus membuka kegiatan ini. Setelah pembukaan, Talkshow diambil alih oleh Wulan Rahmania Putri Ningsih sebagai moderator. Talkshowyang bertemakan Cultural Communication in Every Universe”dimulaipukul 10.45 WIB dengan pemaparan materi dari Dian Rahayu Purba, S. Pd. sebagai pemateri pertama yang menjelaskan tentang komunikasi antar budaya China – Indonesia.

Pemateri pertama selesai memaparkan materipukul 11.15 WIB, dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua dari Valisneria Utami, M.Ed. Pada kesempatan ini, pemateri menjelaskan tentang komunikasi antar budaya Australia - Indonesia. Setelah pemaparan materi berakhir di pukul 11.45WIB maka moderator membuka sesi tanya jawab kepada para peserta, di sesi tanya jawab terdapat dua orang penanya yaitu Dimas Aji Ebrianto dan Hamdan Rizal M.Sesi tanya jawab berakhir pukul 11.55 WIB dan dilanjutkan kuis dengan tiga orang pemenang yaitu Dwi Rahmah Sakinah, Dimas Aji Ebrianto, dan Fikri Al-Fadlullah. Setelah  itumoderator menyerahkan kembali kegiatan ini kepada Adillah Khaira Amini selaku pembawa acara. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dari Ketua Umum HIMIKOM, Tito Jaya Pratama dan Program Manager PILKITALK, Hafizdh kepada pemateri serta foto bersama. Setelah itu, acara ditutup oleh pembawa acara pukul 12.15 WIB.

Hari Kedua

Senin, 22 Agustus 2022

Pelatihan Desain Komunikasi Visual (PDKV) oleh badan periklanan yang dilaksanakan di Gedung Pasca Sarjana FISIP UNIB secara offline. Kegiatan ini dihadiri oleh 83 peserta dengan ruang lingkup internal mahasiswa/i Ilmu Komunikasi dan eksternal (umum). Pelatihan ini seharusnya dilaksanakan pukul 09.00 WIB tetapi mengalami keterlambatan karena adanya kendalaacara. Pembukaan pelatihandimulai pukul 09.30 WIB yang dipandu oleh Ummi Dwi Amanda selaku pembawa acara dan Febi Dilovia selaku moderator. Selanjutnya, kata sambutan dari Ketua Panitia PDKV Dani Ramzi dan kata sambutan Ketua Umum HIMIKOM periode 2022 Tito Jaya Pratama. Pada pukul 10.00 WIB penyampaian materi pertama yang disampaikan oleh Tirta Ibat Rainbow, S.E.

       Materi yang dijelaskan oleh Tirta Ibat Rainbow,S.E adalah tentang bagaimna memanajemen feed instagram, cara memulai menjadi influencer, sharing experiencemenjadi content creator makanan, dan pematerimemberikan voting serta menanyakan pendapat dari audience tentang ketertarikan untuk menjadi influencer.Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab, terdapat lima orang penanya pada sesi ini.Selanjutnya, pemateri kedua yakni Santrian Wibianto,S.I.Kom menyampaikan materi tentangsalah satu project yang pernah ia pimpin yakni Digital Activation BRI For Pesta Rakyat Simpedes. Pemateri menyampaikan bagaimana cara mempromosikan kegiatan, memberikan informasi melalui digital, serta bagaimana membentuk personal branding di media sosial. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan lima orang penanya. Penyampaian materi dan sesi tanya jawab selesai pukul 11.55 WIB.Selanjutnya, pembagian doorprize kepada 10 orang peserta yang memberikan pertanyaan terbaik. Acara ditutup dengan sesi foto bersamapukul 12.20 WIB.

            Hari Ketiga

Rabu, 24Agustus 2022

Pelatihan SINOBI (Siaran Radio Bergengsi) dilaksanakan di lantai 3 Gedung A Pasca Sarjana FISIP UNIB.  Acara dibuka  pukul 13.30 WIB oleh Elvana Hutasoit selaku Master of Ceremony lalu dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM dengan Heni Widiantari selaku dirigen, setelah itu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Achmad Raditya selaku Ketua Panitia dan Tito Jaya Pratama selaku Ketua Umum HIMIKOM periode 2022 yang sekaligus membuka acara secara resmi. Acara pembukaan ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Fikri Al-Fadullah dan langsung diserahkan ke moderator.

Sesi pemaparan materi oleh Febi Prapitasari,S.Sos  dimulai pukul 14.00 WIB. yang dilanjutkan dengan sesi praktek dan tanya jawab hingga pukul 15.30 WIB. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi kuis yang dimenangkan oleh Enpin Gustin dan Topan Afriansyah. Sesi penyampaian pemateri di tutup oleh moderator dan acara kembali diserahkann ke Master of Ceremony, pelatihan selesai pada pukul 16.00 WIB.

Hari Keempat

Rabu, 31 Agustus 2022

PENDAP (Pelatihan Kepenulisan Artikel dan Publikasi) merupakan program kerja Badan Jurnalistik HIMIKOM. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dimulai pukul 13.00 s.d 16.00 WIB yang dilaksanakan di Gedung C Universitas Bengkulu. Pelatihan ini terbuka untuk umum dan dihadiri oleh 104 peserta.

Kegiatan pelatihan ini dimulai oleh Intan Belinda selaku Master of Ceremony, dan dibuka secara langsung oleh Tito Jaya Pratama selaku Ketua Umum HIMIKOM dan Oka Ridiansyah selaku Ketua Panitia PENDAP (Pelatihan Kepenulisan Artikel dan Publikasi). Selanjutnya acara dialihkan ke moderator yaitu Rizky Amanda Aulia. Kegiatan pelatihan ini meghadirkan seorang pemateri yaitu Adhy Pratama Irianto yang membawakan materi tentang Artikel dan Publikasi.

Setelah pemaparan materi selesai di lanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri, serta diakhiri dengan foto Bersama pemateri,panitia dan juga peserta. Kegiatan ini berakhir pukul 16.00 WIB.

 

Hari Kelima

Kamis, 1 september 2022

HIMIKOM E-Sport Competition (HEC), berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 1-3 September 2022. Pertandingan pembuka di hari pertama dimulai pukul 16.30 WIB yang dilaksanakan 2 pertandingan secara bersamaan selama babak 16 besar sampai 8 besar. Pertandingan pertama mempertemukan tim HIMA KS vs tim R.A dan tim MARKICOB vs tim Siapo iko?. Pertandingan pertama antara tim HIMA KS vs timR.A dimenangkan oleh tim HIMA KS dan selesai pukul 16.43 WIB.Pertandingan  kedua antara tim HIMA KS vstim R.A dimulai  pukul 16.48 WIB dan berakhir pukul 17.02 WIB dimenangkan oleh tim HIMA KS, dengan skor 2-0.Pertandingan pertama antara tim MARKICOB vs tim Siapo iko? dimenangkan oleh tim MARKICOB dan selesai pukul 16.41 WIB. Pertandingan  kedua antara tim MARKICOB vs tim Siapo iko? dimulai pukul 16.46 WIB dan berakhir pukul 16.59 WIB, dimenangkan oleh tim MARKICOB dengan skor 2-0.

Pertandingan kedua antara tim HIMATRO vstim Bujang Gamersdan tim Bunda Rahma vs TYRAN E-SPORT. Pertandingan antara tim HIMATRO vs tim Bujang Gamers dimenangkan oleh tim HIMATRO dengan kemenangan W.O. (Walkover) dikarenakan tim dari Bujang Gamers tidak menghadiri pertandingan. Pertanding pertama antara tim Bunda Rahma vs tim TYRAN E-SPORT dimulai pukul 17.30 WIB dan selesai pukul 17.45 WIB dimenangkan oleh tim TYRAN E-SPORT. Pertandingan kedua antara tim TYRAN E-SPORT vstim Bunda Rahmadimulai pukul 17.50 WIB dan selesai pukul 18.04 WIBdimenangkan oleh Tyran E-Sport.

Pertandingan selanjutnya harus diundur dikarenakan hujan deras yang menyebabkan banjir dilokasi pertandingan dan tidak memungkinkan untuk melanjutkan pertandingan.

Hari Keenam

Jum’at, 2 september 2022

Pertandingan pertama dimulai pukul 14.15 WIB yang mempertemukan tim Akarui Corp 339 vstim Cangcuters dan tim Rabies vstim HIMIKOM. Pertandingan pertama antara tim Akarui Corp 339 vstim Cangcuters dimulai pukul 14.15 WIB dan berakhir pukul 14.40 WIB dimenangkan tim Cangcuters.Pertandingan kedua antara tim Akarui Corp 339 vs tim Cangcuters dimulai pukul 14.45 WIB dan berakhir pukul 15.13 WIB dimenangkan oleh tim Cangcuters dengan skor 2-0. Pertandingan pertama antara tim Rabies vstim HIMIKOM dimulai pukul 14.15 WIB, berakhir pukul 14.34 WIB dimenangkan oleh tim Rabies. Pertandingan kedua antara tim Rabies vstim HIMIKOM dimulai pukul 14.39 WIB dan berakhir pukul 14.56 WIB, dimenangkan oleh tim Rabies dengan skor 2-0.

Pertandingan kedua mempertemukan tim Apcamadu vstim Bebas Pi dan tim Why E-Sport vs tim BIG OFF. Pertandingan pertama antara tim Apcamadu vstim Bebas Pi dimulai pukul 15.20 WIB, berakhir pukul 15.40 WIB, dimenangkan tim Bebas Pi. Pertandingan kedua antara tim Apcamadu vstim Bebas Pi dimulai pukul 15.45 WIB dan berakhir pukul 16.05 WIB, dimenangkan oleh tim Bebas Pi dengan skor 2-0. Pertandingan pertama antara Why E-Sport vs BIG OFF dimulai pukul 15.20 WIB dan berakhir pukul 15.35 WIB, dimenangkan oleh BIG OFF. Pertandingan kedua antara Why E-Sport vs BIG OFF dimulaipukul 15.40 WIB dan berakhir pukul 15.51 WIB, dimenangkan BIG OFF dengan skor 2-0.

Pertandingan ketiga mempertemukan tim UNIHAZ vstim HIMA KS dan tim HIMA AP vstim MARKICOB. Pertandingan pertama antara tim UNIHAZ vstim HIMA KS dimulai pukul 16.25 WIB, berakhir pukul 16.42 WIB, dimenangkan oleh tim UNIHAZ. Pertandingan kedua antara tim UNIHAZ vstim HIMA KS dimulai pukul 16.47 WIB dan berakhir pukul 17.10 WIB, dimenangkan oleh tim UNIHAZ dengan skor 2-0. Pertandingan pertama antara tim HIMA AP vs tim MARKICOB dimulai pukul 16.25 WIB, dan berakhir pukul 16.40 WIB, dimenangkan oleh tim MARKICOB. Pertandingan kedua antara tim HIMA AP vstim MARKICOB dimulai pukul 16.45 WIB dan berakhir pukul 17.03 WIB, dimenangkan tim MARKICOB dengan skor 2-0.

Pertandingan keempat mempertemukan tim HIMATRO vstim UNIHAZ dan tim TYRAN E-SPORT vs tim MARKICOB. Pertandingan pertama antara tim HIMATRO vstim UNIHAZ dimulai pukul 17.30 WIB dan berakhir pukul 17.52 WIB, dimenangkan tim HIMATRO. Pertandingan kedua antara tim HIMATRO vs tim UNIHAZ dimulai pukul 17.57 WIB dan berakhir pukul 18.30 WIB dimenangkan oleh tim UNIHAZ.Pertandingan ketiga antara tim HIMATRO vs tim UNIHAZ dimulai pukul 18.35 WIB dan berakhir pukul 18.51 WIB, dimenangkan tim UNIHAZ dengan skor 2-1. Pertandingan pertama tim TYRAN E-SPORT vs tim MARKICOB dimulai  pukul 17.30 WIB dan berakhir pukul 17.45 WIB, dimenangkan oleh tim TYRAN E-SPORT.Pertandingan kedua antara tim TYRAN E-SPORT vs tim MARKICOB dimulai pukul 17.50 WIB dan berakhir pukul 18.05 WIB, dimenangkan tim TYRAN E-SPORT dengan skor 2-0.

Pertandingan kelima mempertemukan tim Cangcuters vstim Bebas Pi dan tim BIG OFF vs tim Rabies. Pertandingan pertama antara tim Cangcuters vstim Bebas Pi dimulai pukul 19.30 WIB dan berakhir pukul 19.47 WIB, dimenangkan tim Bebas Pi. Pertandingan kedua antara tim Cangcuters vs tim Bebas Pi dimulai pukul 19.52 WIB dan berakhir pukul 20.10 WIB, dimenangkan oleh tim Bebas Pi dengan skor 2-0. Pertandingan pertama antaratim BIG OFF vstim Rabies dimulai pukul 19.30 WIB dan berakhir pukul 19.50 WIB, dimenangkan oleh tim BIG OFF. Pertandingan kedua antara tim BIG OFF vs tim Rabies dimulai pukul 19.55 WIB dan berakhir pukul 20.07 WIB, dimenangkan tim BIG OFF dengan skor 2-0

Hari Ketujuh

Sabtu, 3 September 2022

Pertandingan pertama di hari ketiga dimulai pada pukul 14.20 WIB yang mempertemukan tim UNIHAZ vs tim Bebas Pi. Pertandingan pertama dimulai pukul 14.20 WIB, selesai pukul 14.39 WIB, dimenangkan tim UNIHAZ. Pertandingan kedua dimulai pada pukul 14.45 WIB, selesai pukul 15.14 WIB, dimenangkan tim UNIHAZ dengan skor 2-0. Dengan hasil ini tim UNIHAZ berhasil lolos ke babak final dan tim Bebas Pi akan memperebutkan juara tiga.

Pertandingan  kedua yang mempertemukantim TYRAN E-SPORT vs tim BIG OFF. Pertandingan pertama dimulai pada pukul 15.35 WIB, selesai pukul 15.57 WIB, dimenangkan tim TYRAN E-SPORT. Pertandingan kedua dimulai pukul 16.05 WIB dan selesai pukul 16.24 WIB, dimenangkan tim TYRAN E-SPORT dengan skor 2-0. Dengan hasil ini tim TYRAN E-SPORT dipastikan lolos ke babak final dan akan bertemu dengan tim UNIHAZ, sedangkan tim BIG OFF akan bertemu tim Bebas Pi di perebutan juara ketiga (bronze match).

Pertandingan ketiga yang mempertemukan tim Bebas Pi vs tim BIG OFF. Pertandingan pertama dimulai pukul 17.00 WIB dan selesai pukul 17.17 WIB, dimenangkan tim BIG OFF. Pertandingan kedua dimulai pukul 17.22 WIB dan selesai pukul 17.40 WIB, dimenangkan oleh tim BIG OFF. Pertandingan ketiga dimulai pukul 17.45 WIB dan selesai pukul 18.05 WIB,dimenangkan oleh tim Bebas Pi. Pertandingan keempat dimulai pukul 18.35 WIB dan selesai pukul 18.51 WIB,dimenangkan oleh tim BIG OFF. Dengan ini perebutan juara ketiga dimenangkan oleh tim BIG OFF dengan skor 3-1.

Pertandingan keempat yang mempertemukan tim UNIHAZ vs tim TYRAN E-SPORT. Pertandingan pertama dimulai pukul 19.00 WIB dan selesai pukul 19.16 WIB, dimenangkan oleh tim TYRAN E-SPORT. Pertandingan kedua dimulai pukul 19.21 WIB dan selesai pukul 19.35 WIB,dimenangkan oleh tim TYRAN E-SPORT. Pertandingan ketiga dimulai pukul 19.40 WIB dan selesai pukul 20.00 WIB,dimenangkan oleh tim TyranE-SPORT. Dengan kemenangan ini tim TYRAN E-SPORT keluar sebagai juara di ajang HIMIKOM E-Sport Competition (HEC), dan tim UNIHAZ menjadi Runner Up.

Hari Kedelapan

Jum’at, 9 September 2022

Kegiatan lomba PHOTATO (Photography Pilkita Kito) ini diadakan secara online. Lomba ini diikuti oleh 12 peserta. Karena lomba ini diadakan secara onine, maka proses penilaian lomba dilakukan dengan daring pula dengan cara para peserta memposting foto yang akan mereka lombakan melalui akun Instagram masing-masing. Proses upload foto dilakukan dari tanggal 1 september – 6 September 2022 dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh panitia. Proses penjurian lomba ini dilakukan secara tertutup oleh pihak panitia dan juri pada tanggal 8 September 2022. Setelah proses penjurian dilakukan, tanggal 9 September 2022 dilaksanakannya pengumuman bagi pemenang lomba. Juara pertama dimenangkan oleh Muhammad Qory Diva Anugrah Mahapurna dan juara kedua dimenangkan oleh Delva Gea Zahira. Setelah pengumuman pemenang diumumkan, proses pembagian hadiah untuk pemenang dilakukan pada tanggal 10 September 2022 di saat acara Malam Puncak Pilkita 5.0.

 

            Hari Kesembilan

Sabtu, 24 September 2022

Acara Penutupan sekaligus Malam Puncak PILKITA 5.0 yang dijadwalkan pukul 19.00 WIB mengalami kemunduran waktu dikarenakan menunggu para tamu. Acara dibuka pukul 20.05 WIB oleh Yoga Ramanda Putra dan Hafiza Restuningrum selaku Master of Ceremony. Dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM yang dipandu oleh Heni Widiantari selaku dirigen. Setelah selesai, dilanjutkan dengan Pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Ogi Anugrah. Selanjutnya, penyampaian Kata Sambutan oleh Wirandanof selaku Ketua Panitia, Tito Jaya Pratama selaku Ketua Umum HIMIKOM, Ibu Rasianna BR Saragih, S.Sos, M.Si, selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNIB dan Bapak Dr. Mas Agus Firmansyah, S.Sos.,M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang III Kemahasiswaan FISIP UNIB sekaligus menutup acara Pekan Ilmu Komunikasi Tahunan (PILKITA) 5.0 secara resmi. Acara selanjutnya yaitu Pembacaan Do’a yang dipandu oleh Fikri Al-Fadlullah. Acara Penutupan resmi ditutup pukul 21.15 WIB oleh Yoga Ramanda Putra dan Hafiza Restuningrum selaku Master of Ceremony.

       Setelah acara penutupan selesai, dilanjutkan ke acara Malam Puncak yang dimulai pukul 21.25 WIB dibuka dengan penayangan Teaser PILKITA 5.0. Setelah penayangan selesai, acara dipandu oleh Aldi Purwansyah dan Deva Azzahra selaku Master of Ceremony di acara hiburan Malam Puncak PILKITA 5.0. Penampilan pertama pada Malam Puncak ini yaitu penampilan akustik dari Ilmu Komunikasi Angkatan 2021. Penampilan kedua yaitu Penampilan akustik dari ORMAWA SENSAS. Setelah penampilan kedua selesai, dilanjutkan dengan pembagian hadiah  dengan kategori pemenang PHOTATO dan pemenang HEC. Untuk kompetisi PHOTATO dimenangkan oleh Delva Gea Zahira selaku Juara II dan Muhammad Qory Diva Anugrah Mahapurna selaku Juara I. Selanjutnya, pengumuman pemenang kompetisi HEC. Juara I diberikan kepada Tyran E-sport, Juara II diberikan kepada UNIHAZ E-sport dan Juara III diberikan kepada BIG OFF. Selanjutnya Best Player pada kategori Lomba HEC diberikan kepada RaPlik Menolak Virtual yang berasal dari tim Tyran E-sport.

       Setelah pembagian hadiah selesai, pukul 22.05 WIB dilanjutkan dengan Penampilan akustik dari Ilmu Komunikasi Angkatan 2020. Setelah selesai, dilanjutkan dnegan Penampilan akustik dari ORMAWA UKM MUSIK. Setelah itu, penampilan selanjutnya yaitu Penampilan Band dari Ilmu Komunikasi Angkatan 2019. Setelah penampilan band angkatan selesai,dilanjutkan dengan penampilan guest star pertama yaitu Diskoprol serta penampilan guest star kedua yaitu Eldentics. Setelah guest star kedua tampil maka acara dialihkan kembali oleh Aldi Purwansyah dan Deva Azzahra selaku Master of Ceremony sekaligus menutup acara secara resmi. Acara Penutupan dan Malam Puncak PILKITA 5.0 resmi ditutup pukul 23.55 WIB.


Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment