Welcome to Communication (WTC) 2022

 Sabtu, 17 September 2022

               Acara WTC 2022 hari pertama dimulai pukul 08.00 WIB dengan melakukan rechecking peserta dan tamu undangan. Peserta yang hadir berjumlah 102 dari 106 peserta yang mendaftar WTC. Acara pembukaan WTC 2022 dimulai pukul 08.10 WIB mengalami keterlambatan dikarenakan menunggu kedatangan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi untuk membuka acara secara resmi. Pukul 08.30 WIB acara dimulai dan dipandu oleh Dimas Aji Erbianto dan Elvana Melania Hutasoit selaku Pembawa Acara yang dilanjutkan dengan pembacaan Al-Quran oleh Oka Ridiansyah, setelah itu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM yang dipandu oleh Rizky Amanda Aulia selaku dirigen. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Muhammad Alief Akbar selaku Ketua Panitia WTC 2022 dan kata sambutan oleh Tito Jaya Pratama selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2022 serta kata sambutan dari Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Ibu Rasianna BR Saragih., S.Sos., M.Si. sekaligus membuka acara secara resmi dengan pemasangan Lanyard kepada Mahasiswa/i baru secara simbolis oleh perwakilan mahasiswa baru angkatan 2022 yaitu Ayatullah Khatami Akpa dan Hassya Nailah Putri Ario. Acara  Pembukaan WTC 2022 selesai pukul 09.00 WIB.

            Acara selanjutnya yaitu kunjungan media ke Rakyat Bengkulu (RB) dan Bengkulu Ekspress (BE). Peserta berangkat dari GB II UNIB menuju lokasi kunjungan media pukul 09.20 WIB dan tiba di Bengkulu  Ekspress (BE) pukul 09.35 WIB dan di Rakyat Bengkulu (RB) pukul 09.45 WIB. Dalam kunjungan media, peserta dibagi menjadi dua kelompok besar demi menghemat waktu dan setiap kelompok akan mendapatkan materi secara bergantian. Kunjungan media berlangsung selama 2 jam dan ditutup dengan kata sambutan dari perwakilan Rakyat Bengkulu dan Bengkulu Ekspress sekaligus penyerahan plakat dan sertifikat. Kunjungan media selesai pukul 12.00 WIB. Seluruh peserta diarahkan kembali ke GB II UNIB untuk istirahat, salat, dan makan.

               Acara selanjutnya yaitu WTC’s Talkshow di ruang 11 GB II UNIB dengan konsep masa produktif di kepengurusan HIMIKOM, pengalaman selama menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi, dan bagaimana cara menyikapi perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga mewajibkan mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk selalu update. Acara WTC’s Talkshow dimulai pukul 13.20 WIB yang dipandu oleh Dwi Reski Amelia Putri dan Grashelia Friska Kinanti selaku Pembawa Acara. Dilanjutkan dengan pemanggilan narasumber yakni Panji Alan Valent., S.I.Kom., M.I.Kom selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2010, Lois Gencahyo., S.I.Kom selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2015, dan Yoga Guntara., S.I.Kom selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2018. Acara dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab, iklan sponsor, dan terakhir penyerahan sertifikat kepada narasumber. WTC’s Talkshow berakhir pukul 15.30 WIB. Dilanjutkan dengan sesi give away, kemudian istirahat dan salat.

            Acara dilanjutkan dengan Simulasi Debat dimulai pukul 16.05 WIB. Simulasi Debat dipandu oleh Lizaida Jannah selaku moderator bersama Prissky Ivani Meylani., S.I.Kom dan  Fergita Fitri Ardhana selaku juri Simulasi Debat. Dalam Simulasi Debat ini diangkat 4 mosi yaitu pemerintah menaikkan harga BBM subsidi, Aksi hacker Bjorka yang menyerang sistem pemerintah, dan Ketua DPRD Lumajang yang tidak hafal Pancasila memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya. Dilanjutkan dengan penyampaian argumen pro dan kontra, penyanggahan, ulasan, dan penilaian dari dewan  juri. Dalam Simulasi Debat, Mia Theresia Sijabat dan Pipin menjadi  Best  Speaker. Acara  ini berakhir  pukul 17.00 WIB, selanjutnya penayangan film "LAURA" dari komunitas COMMA (Communication Cinematography) yang berakhir pukul 17.40 WIB sekaligus menjadi penutup rangkaian acara WTC 2022 hari pertama.

Minggu, 18 September 2022

            Acara hari kedua diawali dengan rechecking peserta pukul 07.00 WIB sekaligus penilaian yel–yel dari setiap kelompok di Pelataran GB II UNIB sebelum memasuki ruangan. Peserta yang hadir berjumlah 97 dari 106 peserta yang mendaftar WTC 2022. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sharing session. Kemudian, penampilan kreativitas kelompok mahasiswa baru di Ruang 11 dimulai pukul 08.35 WIB dan dipandu oleh Pembawa Acara yaitu Yulia Oktaviani Simanullang dan Reza Alfis Syahfar. Dalam acara ini, setiap kelompok memberikan penampilan terbaik yang akan dinilai oleh panitia penanggungjawab. Acara berakhir pukul 10.35 WIB.
            Acara selanjutnya yaitu Sosialisasi HIMIKOM di GB II Ruang 11 UNIB dimulai pukul 11.00 WIB. Diawali dengan pengenalan pengurus HIMIKOM periode 2022 dan sosialisasi dari setiap Bidang dan Badan yang ada di HIMIKOM. Setelah itu, dilanjutkan dengan Amanat Muker yang dijelaskan oleh Sekretaris Umum HIMIKOM periode 2022 yaitu Dhea Tussaniah dan didampingi oleh Ketua Umum HIMIKOM periode 2022 yaitu Tito Jaya Pratama dan Bendahara Umum HIMIKOM periode 2022 yaitu Salju Qurrata Ayyun. Acara ini berakhir pukul 12.50 WIB dan dilanjutkan dengan istirahat, salat dan makan hingga pukul 13.15 WIB.
            Kemudian, acara selanjutnya briefing Rally Post di Pelataran GB II UNIB dimulai pukul 13.45 WIB. Setelah itu, pukul 14.00 WIB peserta berjalan menuju lokasi Rally Post. Acara ini mengalami keterlambatan dikarenakan menunggu beberapa tamu undangan sebagai pemateri di posko Rally Post. Dalam Rally Post terdapat 10 pos, yaitu Alumni, Presidium, Bidang I Penalaran dan Keilmuan, Bidang II Pengembangan Organisasi, Badan Jurnalistik, Badan Penyiaran, Badan Periklanan, Badan Olahraga, Badan CIPHO, dan Kesekretariatan. Sistem yang digunakan peserta yaitu sistem Sudoku yang mana setiap kelompok akan mendapatkan urutan posko yang berbeda untuk dikunjungi. Pukul 16.30 WIB acara Rally Post dihentikan sementara dan dipindahkan ke beberapa ruang kelas GB  II  UNIB dikarenakan  hujan yang  semakin deras.  Kemudian,  pukul  16.40  WIB  acara Rally Post dilanjutkan kembali dan berakhir pukul 17.40 WIB. Kemudian Ice Breaking selama 20 menit. Setelah itu, peserta diperkenankan untuk mengganti pakaian Malam Puncak yang telah ditentukan dan dilanjutkan dengan istirahat, salat, makan hingga pukul 19.30 WIB.
          Acara selanjutnya yaitu Penutupan WTC 2022 secara resmi dimulai pukul 19.30 WIB yang dipandu oleh Elvana Melania Hutasoit dan Dimas Aji Erbianto selaku Pembawa Acara. Dengan kata sambutan Ketua Panitia WTC 2022 Muhammad Alief Akbar dan kata sambutan Ketua Umum HIMIKOM periode 2022 Tito Jaya Pratama sekaligus menutup acara WTC 2022 secara resmi dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Yogi Setiawan.
            Acara terakhir dari WTC 2022 yaitu Malam Puncak di GB II Ruang 11 UNIB dimulai pukul 19.45 WIB. Acara ini dihadiri oleh peserta, pengurus HIMIKOM, senior dan alumni Ilmu Komunikasi UNIB. Acara Malam Puncak dipandu oleh Dinda Aulia dan Muhammad Oktarianto selaku Pembawa Acara Hiburan. Diawali dengan give away dari Sponsor. Setelah itu, pengumuman Kelompok Terbaik yaitu Gugus 7 yang bernama Rubah, Penampilan Kreativitas Kelompok Mahasiswa Baru Terbaik yaitu Gugus 9 yang bernama Naga, Yel–yel Terbaik yaitu Gugus 3 yang bernama Sapi, Tutor Terbaik yaitu Imron Saputra dan Grashelia Friska Kinanti serta pengumuman Putra-Putri WTC 2022. Kemudian penyematan selempang oleh Putra-Putri WTC 2021 yaitu Achmad Raditya dan Kurnia Nur Azizah kepada Putra-Putri WTC 2022 yaitu Muhammad Ravie dan Elsa M.Cik Nur. Acara selanjutnya ditutup oleh penampilan Eldentics Band. Acara Malam Puncak selesai pukul 21.30 WIB, semua peserta dan tamu undangan diarahkan untuk meninggalkan lokasi.
Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment