Mengenal Beberapa Festival Unik di Yogyakarta

    Yogyakarta, siapa sih yang nggak tahu sama kota ini. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota seringkali dikunjungi oleh wisatawan baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Kota Yogyakarta ini memiliki kebudayaan yang unik hingga membuat para wisatawan ingin mengunjungi kota ini hanya untuk menyaksikan beberapa kebudayaan yang ada di Kota Yogyakarta. Salah satu kebudayaan yang ada di Kota Yogyakarta ini juga dikemas dalam bentuk festival. Nah commers, apa aja sih festival-festival yang ada di Yogyakarta? Beberapa festival-festival unik di Yogyakarta yang sudah dirangkum sama baskom nih, berikut penjelasannya: 

1. Festival Sekaten Jogja

    Festival Sekaten atau yang biasa dikenal dengan sebutan Sekatenan merupakan salah satu perayaan tahunan yang sudah ada sejak zaman keratin terdahulu. Festival ini adalah sebuah tradisi yang ada di Kota Yogyakarta untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Sebelum perayaan sekaten ini dimulai, biasanya dilakukan upacara adat arak-arakan prajurit dan abdi dalem keraton yang membawa sebuah gunungan berisi hasil panen. Upacara arak-arakan ini disebut sebagai Grebeg. Di festival ini juga menjual beberapa produk sehingga kita bisa menikmati festival sambil berbelanja.

2. Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

    Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta atau yang biasa dikenal sebagai PBTY merupakan acara tahunan yang diadakan di Yogyakarta untuk merayakan Imlek sebagai bentuk toleransi karena banyak masyarakat Tionghoa yang menetap di Yogyakarta. Dalam festival ini, kita dapat menyaksikan berbagai hiburan dengan latarbelakang Tionghoa seperti atraksi barongsai, pameran budaya, dan karnaval kirab budaya. Tak hanya bisa menyaksikan berbagai hiburan, dalam festival ini juga disuguhi beberapa kuliner-kuliner termasuk kuliner khas Tionghoa.

3. Festival Kesenian Yogyakarta 

    Festival Kesenian Yogyakarta merupakan salah satu festival yang paling ditunggu oleh masyarakat Yogyakarta. Festival ini tak kalah serunya dengan Festival Sekaten Yogyakarta. Festival ini rutin diadakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta setiap tahunnya sejak tahun 1988. Dalam festival ini terdapat atraksi budaya, pertunjukan seni tradisional, pagelaran seni modern, hingga pameran barang-barang antik dan makanan-makanan unik yang menarik perhatian.  

4. Prambanan Jazz Festival

    Di Yogyakarta juga sering terdapat festival music, salah satu festivalnya adalah Prambanan Jazz Festival. Festival ini merupakan salah satu festival yang paling ditunggu oleh banyak kalangan setiap tahunnya. Festival ini diadakan di Candi Prambanan yang terletak di Dusun Karangasem, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Jogja. Dalam festival ini, kita dapat memanjakan telinga kita dengan alunan musik jazz dari musisi lokal bahkan musisi internasional. Selain menikmati alunan musik jazz, kita juga dapat menikmati pemandangan indah Candi Prambanan di malam hari.  

5. Pasar Kangen Yogyakarta

    Pasar Kangen Yogyakarta adalah sebuah acara tahunan yang diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta. Festival ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai elemen budaya khas Yogyakarta termasuk kuliner. Daalam festival ini, kita dapat menikmati kegiatan-kegiatan lokal seperti membatik, pameran lukisan, pertunjukan wayang, dan terdapat bazar makanan khas daerah. Festival diadakan sebagai sebuah acara untuk mengobati rasa rindu akan suasana Yogyakarta tempo dulu.

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment