"Tips Belajar Public Speaking Tanpa Gugup"

Public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang, public speaking adalah kemampuan yang sangat penting bagi semua orang

Meskipun public speaking terlihat mudah tetapi tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik, karena ada banyak faktor yang membuat seseorang gugup pada saat berbicara didepan umum Hal ini dikarenakan tidak adanya kepercayaan diri seseorang dalam menyampaikan apa yang ingin disampaikan. 

Berikut tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk membangun  kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum.


 1.Kuasai Materi yang akan Disampaikan

Hal yang paling utama dalam public speaking ialah menguasai materi. Jika kamu telah menguasai materi dengan baik, maka kamu akan merasa percaya diri dalam menyampaikan apa yang kamu
ketahui, 

dan Jangan lupa untuk menyiapkan poin-poin dari materi yang akan di sampaikan bisa di kertas ataupun catatan digital. Hal itu akan mempermudah kamu dalam mengingat materi yang telah kamu pelajari.


2.Kenali Audience

Untuk menarik perhatian audience kita perlu mengenali siapa audience kita saat melakukan public speaking karena dengan adanya keakraban dengan audience maka pada saat melakukan public speaking kita merasa sedang berbicara dengan orang yang kita kenal.


Setelah mengetahuinya, kamu akan paham bagaimana cara menyampaikan materi dengan nada bicara yang tepat. Selain itu, jadikanlah waktu 60 detik pertama bagi kamu untuk membuat good impression agar dapat menarik perhatian mereka.


3.Tetap tenang dan jangan Gugup

Gugup atau grogi sebelum melakukan public speaking merupakan hal yang wajar, public speaker professional juga merasakan gugup pada saat akan memulai public speaking, hal yang harus kita lakukan untuk menetralisir rasa gugup yaitu dengan mengubah mindset kita agar lebih positif dan harus percaya diri. Jika kita telah merasakan keduanya maka kita akan lebih rileks. Jika masih gugup, coba tariklah nafas kemudian tahan selama 10 detik dan hembuskan. Hal itu akan membantu menetralisirkan jantung yang berdegup kencang, dan jangan lupa berdoa.


4.Lakukan Interaksi Dengan Audience

Selama kamu menyampaikan presentasi, pastikan kamu melakukan interaksi dengan audience. Adanya interaksi dengan audience akan membuat aku terlihat lebih akrab, dan ramah terhadap audience

Audience pasti ingin berkomentar, memberi masukan atau pendapat, atau bahkan berdiskusi tentang pengalaman yang mereka alami. Selain itu, untuk melakukan interaksi dengan mereka cobalah untuk memberi pertanyaan.


5.Ambil Jeda Saat Menjelaskan Materi

Dengan mengambil jeda sebelum menyampaikan setiap informasi akan memudahkan kamu untuk merangkai kata-kata yang ingin kamu sampaikan,selain itu dengan memberi sedikit jeda maka penyampaian gagasan yang kamu sampaikan akan terdengar lebih jelas oleh audience karna tidak ada kesan terburu-buru dalam penyampaian gagasan. Hal ini juga akan membantu kamu dalam berkonsentrasi sebelum mengucapkan hal-hal yang ingin disampaikan. Selain itu juga ungsi jeda juga dapat menetralisirkan diri dari rasa grogi yang berlebihan.


6. Sisipkan Humor

Dalam melakukan presentasi, pastinya pendengar akan secara fokus mendengar apa yang komunikator sampaikan. Hal ini membuat suasana menjadi tegang dan bahkan menjadi membosankan.untuk mengusir rasa bosan dan rasa akan tumbuh dari audience maka humor dalam presentasi sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian pendengar.Kamu dapat menggunakan humor sebagai opening atau kamu dapat mengaitkan humor dengan meteri yang disampaikan.


7.Bicara Secara Perlahan

bicara terlalu cepat akan membuat audience tidak mendapatkan poin-poin yang kamu sampaikan. Padahal tujuan utama dari presentasi kita ialah agar audience paham dengan apa yang kita sampaikan. Biasanya, pola bicara cepat dikarenakan rasa gugup yang kita alami.

Kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mengasah kemampuan public speaking mu dengan berlatih setiap hari!!


Sumber : arkademi.com

penulis : Pipin

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment