HAL-HAL YANG DILAKUKAN SEBELUM BULAN RAMADHAN




Sumber: detikNews

Hallo Commers…

Sebagai umat muslim tentu saja kita di wajibkan untuk meyambut bulan Ramadhan dengan gembira. Selain menyambut dengan gembira tentunya kita harus mempersiapkan segala dengan baik dan matang agar puasa berjalan dengan lancar. Berikut 7 hal yang harus dilakukan untuk dipersiapkan sebelum bulan Ramadhan:

1.      Berdo’a Kepada Allah SWT

Sebelum puasa tentu kita harus berdoa terlebih dahulu agar diberikan kesehatan dan kekuatan selama bulan Ramadhan dan di pertemukan lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan.

2.      Membayar Hutang Puasa Tahun Lalu

Pada hal ini umum terjadi pada kalangan perempuan dimana mereka setiap bulannya pasti terhalangan dikerenakan menstruasi. Adapun hal lain yaitu dikarenakan sakit, menyusui, dan dalam keadaan hamil. Maka dari itu sebaiknya mengqadha sejumlah hari yang ditinggalkan sebelum datangnya bulan puasa.

3.      Memperbanyak Membaca dan Mempersiapkan Keilmuan Tentang Keislaman

Sebelum datangnya bulan puasa ada baiknya kita mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang agama Islam seperti Al-qur’an, Hadist atau membaca buku-buku tentang pengetahuan  Islam.

4.      Persiapkan Diri Lahir dan Batin

Mempersiapkan diri lahir dan batin tentu sangat penting dengan cara menjauhkan sifat-sifat buruk seperti sirik, iri dan dengki kepada oaring lain, sombong dan lain-lain yang dapat merugikan diri sendiri. 

5.      Mempersiapkan Keuangan

Hal ini juga tak kalah penting yaitu harus mempersiapkan keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk berbuka puasa dan sahur. Juga di bulan paisa dianjurkan untuk memperbanyak amal sholeh seperti infaq, zakat, sodakoh, atau ifthar.

6.      Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan sangatlah penting agar tetap bugar selama bulan Ramadhan. Karena dengan kita sehat maka diharapkan tidak akan mengalami masalah saat berpuasa.

7.      Menyelenggarakan Tarhib Ramadhan

Melakukan Tarhib Ramadhan yakni mengumpulkan kaum muslimin yang ada di lingkungan untuk mengenai puasa Ramadhan, adab-adab Islam, syarat dan rukun puasa.


Penulis: Yulianisa Amanda Putri

Sumber: kompasiana.com

Email Facebook Google Twitter

Bahana Suara Komunikasi

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment