LAHIRNYA SUPER SEMAR

 

Sumber: Wikipedia

Hallo Commers…

Setelah keberadaan pasukan liar yang menyamar di antara mahasiswa diketahui, Presiden Soekarno meninggalkan Jakarta menuju ke Istana Bogor menggunakan helikopter.

Tiga jenderal AD yakni Brigen Amir Mahmud, Brigjen M. Yusuf, dan Mayjen Basuki Rahmat menghadap Soeharto dikediamannya dan menceritakan soal situasi terakhir. Dari hasil pertemuan itu, Soeharto mengatakan kepada tiga jenderal itu dirinya bersedia mengatasi keadaan jika sudah ada surat perintah resmi.

Tiga jenderal itu pun mendapat tugas untuk segera mendapatkan surat mandat dari Soekarno yang kemudian dikenal sebagai Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret) pada 11 Maret 1966. Supersemar ditandatangani Presiden Soekarno dihadapan tiga jenderal itu disaksikan oleh seorang ajudannya, Soekardjo Wilardjito. Banyak versi menyebutkan situasi saat penandatanganan terjadi.

Ada yang mengatakan, Soekarno mendapat tekanan hingga ditodongkan senjata. Versi ini kemudian dibantah oleh keluarga Soeharto. Supersemar yang menjadi surat mandat kepada Soeharto itu kemudian dimaknai sebagai tiket untuk membubarkan langsung PKI tanpa persetujuan Soekarno, penangkapan sejumlah menteri, hingga penangkapan orang-orang yang dicurigai terkait PKI.

Surat itu kemudian juga dimaknai sebagai peralihan kekuasaan eksekutif dari Soekarno kepada Soeharto. Soekarno pun berang dan menyindir aksi Soeharto itu. Meski demikian, marahnya Soekano melihat aksi yang dilakukan Soeharto, Soekarno tetap saja tak bisa lagi melawan karena seluruh kekuatan politiknya saat itu sudah dipreteli. "Dari satu kalimat 'mengambil suatu tindakan yang dianggap perlu', mungkin blunder yang dilakukan Bung Karno, oleh seorang sipil, dengan perintah yang tidak jelas pada seorang tentara."

Penulis: Mifta Amanda Pradana

Sumber:

https://m.merdeka.com/jatim/peristiwa-11-maret-sejarah-lahirnya-supersemar-dan-pelaksanaanya-di-indonesia-kln.html#:~:text=Supersemar%20terjadi%20pada%2011%20Maret,Presiden%20Soekarno%20di%20Istana%20Bogor


Email Facebook Google Twitter

Bahana Suara Komunikasi

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment