TEMPAT YANG TIDAK NYAMAN BUAT MAKIN MALAS BELAJAR ONLINE

 


Hallo Commers…

Seperti yang kita tau bahwa saat ini kita sedang menghadapi wabah virus covid 19 yang mengharuskan kita melakukan seluruh kegiatan dari rumah termasuk sekolah.

Pada tahun ajaran baru, tepatnya tanggal 13 juli 2020 lalu, pemerintah mengumumkan bahwa seluruh lembaga pendidikan harus menerapkan belajar secara online (Daring), belajar online adalah serangkaian pengalaman instruksional dengan menggunakan jaringan digital untuk berinteraksi, belajar dan berdiskusi belajar online tidak memerlukan pertemuan tatap muka di lokasi fisik. Adapun aplikasi pembantu yang tidak asing lagi ditelinga para pelajar dan mahasiswa diantaranya adalah; Zoom, Google Meet, Google Classroom, E-Learning, dan sebagainya.

Dengan belajar secara online ini tentunya banyak hal yang harus kita perhatikan agar kita dapat mengikuti belajar online dengan baik, salah satunya adalah tempat dimana kita mengikuti pembelajaran online. Saat kita belajar online tempat yang nyaman akan membuat kita lebih fokus terhadap materi yang diberikan. Sebaliknya apabila tempat kita mengikuti belajar online, kotor, panas, dan banyak suara ribut hal ini pasti dapat membuat fokus kita terbagi.

Berikut adalah tempat dan situasi yang harus kita hindari saat belajar online :

1.      Tempat Yang Ramai

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgR92z-u118CFarG9wapb3Erwenz_x9Ka_QW1askI4LZsjPZXjpbkT2ToVJhdiUiZNCBtyRc1aZ-M-lYQaGqzjhA4KEqEk4YudJ8Pk49Eg1bmYnToVdK3wrxmvd9922n8HTcf8uKuuk1OPH/s320/konsen.jpeg

            Sumber: tkjsbb.blogspot.com

Yang pertama adalah tempat yang ramai, banyaknya orang yang berlalu lalang pasti akan memecah konsentarsi kita dalam belajar

2.      Hindari Kebisingan

Warga Kelurahan Besar Protes Suara Bising Bengkel di Pemukiman - Tribun  Medan

            Sumber: tribun medan

Untuk dapat menyerap dan memahami materi saat belajar online kita harus berkonsentrasi, sedangkan seseorang yang mencoba berkonsentrasi di lingkungan yang berisik scara terus menerus akan mempengaruhi kesehatannya. Keadaan ini bisa membuat tubuh melepaskan hormon kortisol. Sisa hormon kortisol ini bisa menganggu bagian otak yang namanya prefrontal cortex. Prefrontal cortex ini merupakan pusat pembelajaran emosi di otak kita. Bagian ini mengatur fungsi penting seperti perencanaan, logika, dan pengendalian reaksi manusia. Jika ada gangguan yang terjadi di bagian prefrontal cortex, kemampuan seseorang untuk berpikir jernih atau menerima informasi akan terganggu.

3.      Ruangan Yang Berantakan

Kamar Sempit? Ini 5 Trik Jitu Merapikan Kamar Berantakan

Sumber: dekoruma.com

Energi lingkungan yang kondusif sangat dibutuhkan saat belajar Karena dengan lingkungan yang kondusif dapat membuat belajar kamu menjadi efektif. Ruangan yang berantakan dan kotor akan dapat membuat kita semakin stress. Maka dari itu dimulai dari sekarang rapihkan rungan belajarmu buat senyaman mungkin agar kita dapat menjalankan belajar online  dimasa pandemi ini

4.      Jangan Mengikuti Pelajaran Online Sambil Berkendara

Main HP Saat Berkendara – BalikpapanLifestyle

Sumber: balikpapanlifestyle

Seperti yang kita ketahui menggunakan handphone saat berkendara sangatlah berbahaya bagi kita dan orang lain. Maka dari itu berhentilah dan cari tempat menepi apabila saat ada jadwal belajar online dan kamu masih dijalan. Selain itu, kamu juga bisa meminta izin kepada pengajar untuk melanjutkan perjalanan menuju rumah dan setelah itu baru mengikuti kelas online.

Penulis: Dwi Rahmah sakinah

Sumber:

https://www.studilmu.com/blogs/details/apa-itu-kursus-online-atau-belajar-online

https://bobo.grid.id/read/081629052/mengapa-kita-sulit-berkonsentrasi-di-tempat-yang-berisik-ya?page=all

 

 

Email Facebook Google Twitter

Bahana Suara Komunikasi

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment