KEMAH ORIENTASI MAHASISWA DAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI 2022

 

KEMAH ORIENTASI MAHASISWA DAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI 2022


Hari Pertama

Jumat, 21 Oktober 2022

Agenda hari pertama dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB dengan melakukan rechecking peserta. Peserta yang hadir berjumlah 70 orang dari 74 orang yang mendaftar KOMPAK 2022.Agenda pembukaan KOMPAK 2022 dimulai pukul 08.30 WIB yang dipandu oleh Achmad Raditya dan Elvana Melania Hutasoit sebagai pembawa acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM yang dipandu oleh Dinda Aulia sebagai dirigen. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Fachrul Prayoga selaku Ketua Panitia, Tito Jaya Pratama selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2022 dan Ibu Rasianna BR    Saragih., S.Sos., M.Si. selakuKetua Jurusan Ilmu Komunikasi sekaligus membuka acara secara resmi dan pemotongan pita secara simbolis. Agenda pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa yang dipandu oleh M. Ridhwan Al-Islamy.

Keberangkatan peserta dimulai pukul 09.45 WIB dengan menggunakan tiga bus. Peserta tiba di lokasi pukul 11.35 WIB. Pada pukul 12.00 WIB peserta       diarahkan untuk melakukan salat Jumat untuk laki-laki dan salat Dzuhur untuk perempuan. Kegiatan dilanjutkan dengan penegakan tenda serta memberikan edukasi tata cara menegakkan tenda dengan benar yang berlangsung hingga pukul 15.00 WIB. Setelah penegakkan tenda, peserta diberi waktu istirahat dan   dilanjutkan dengan makan bersama. Pada pukul 15.50 WIB peserta diarahkan kembali untuk menegakkan dan membuat jalur perairan di sekitar tenda hingga pukul 17.00 WIB. Selanjutnya peserta diberi waktu 30 menit untuk mandi dan dilanjutkan salat Asar. Kemudian pukul 18.00 WIB peserta diarahkan ke masjid untuk melaksanakan salat Maghrib. 

Agenda selanjutnya diskusi dengan perangkat desa yang disampaikan  langsung oleh bapak Sutisno selaku Kepada Dusun I Batu Layang  pukul 20.00 WIB yang dipandu oleh Dwi Reski Amelia sebagai moderator. Pada kegiatan ini peserta   diberikan pemahaman mengenai adat, budaya, norma, dan pembangunan Desa Batu Layang yang berfungsi sebagai sarana menyambung silaturahmi dengan warga Desa Batu Layang. Agenda ini berakhipukul 21.10 WIB dan peserta     diarahkan untuk beristirahat di tenda masing-masing.

 

Hari Kedua 

Sabtu22 Oktober 2022

Hari kedua dimulai pukul 00.30 WIB dengan agenda briefing untuk    mengadakan kontemplasi 1.Kontemplasi 1 dimulai pukul 01.30 WIB dengan    penanggungjawab Yoga Guntara dari Ilmu Komunikasi angkatan 2016. Setelah itu, seluruh peserta KOMPAK 2022 mendapatkan cooling down yang berfungsi       sebagai penenang setelah kontemplasi 1.Pada pukul 03.35 WIB peserta diarahkan untuk tidur kembali.

Peserta dibangunkan kembali untuk melaksanakan salat Subuh pukul 04.45 WIB. Pada pukul 06.45 WIB seluruh peserta KOMPAK 2022 berkumpul di lapanganuntuk melaksanakan senam pagi. Setelah senam pagi, seluruh peserta diminta untuk menyiapkan perlengkapan mandi dan peserta diarahkan untuk  mandi. Setelah itu, peserta diarahkan kembali ke tenda untuk sarapan pagi.

Pada pukul 09.00 WIB seluruh peserta KOMPAK 2022 di kumpulkan di    lapangan untuk mempersiapkan agenda selanjutnya yaitu rally post.Tepat pukul 09.30 WIB peserta KOMPAK 2022 menjalankan rally post secara berurutan. Rally postberakhir pukul 14.30 WIB. 

Setelah rally post berakhir, seluruh peserta diarahkan untuk gotong royong membersihkan lingkungan sekitar lokasi KOMPAK 2022. Pada pukul 16.00 WIB dilanjutkan dengan games yang selesai pukul 17.25 WIB. Setelah itu peserta           diarahkan untuk membersihkan diri dan persiapan salat Magrib di masjid kemudian dilanjutkan dengan makan bersama pukul 18.50 WIB.

Agenda selanjutnya adalah penampilan kreativitas dari setiap kelompok serta pembacaan surat cinta yang sebelumnya telah ditulis oleh peserta yang dipandu oleh Muhammad Hanif Prasetya dan Mulyani Nasution sebagai pembawa acara. Penampilan kreativitas ini berakhir pukul 22.30 WIB. Agenda selanjutnya adalah top secret yang bertujuan sebagai hiburan untuk panitia, peserta, senior, dan alumni. Top secret berakhir pukul 23.00 WIB, selanjutnya peserta diarahkan untuk istirahat di tenda masing-masing.

 

Hari Ketiga 

Minggu23 Oktober 2022

Agenda di hari ketiga diawali dengan briefingkontemplasi 3 pukul 00.30 WIB. Agenda dilanjutkan dengan kontemplasi 3 dari pukul 02.30 WIB hingga pukul 04.45 WIB, dengan penanggungjawab Bima Agusfa dari Ilmu Komunikasi angkatan 2018. Pukul 04.55 WIB peserta diarahkan untuk salat Subuh di masjid.

Pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB peserta menyiapkan      barang-barang pribadi yang akan dibawa pulang. Selanjutnya peserta membongkar tenda dan merapikan seluruh barang-barang yang dibantu panitia juga senior agar bisa dibawa pulang ke Bengkulu. Agenda penutupan KOMPAK 2022 dimulai pukul 12.10 WIB yang dipandu oleh Achmad Radityadan Elvana Melania        Hutasoit sebagai pembawa acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM yang dipandu oleh Reni Dwi Febri Adha sebagai dirigen. Kata     sambutan oleh Fachrul Prayoga selaku Ketua Panitia, Tito Jaya Pratama selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2022 sekaligus menutup kegiatan KOMPAK 2022 secara resmi. Kemudian diakhiri dengan doa yang dipandu oleh Yogi        Setiawan. 

Agenda selanjutnya pengumuman putra dan putri KOMPAK 2022, serta pengumuman pemenang yel-yelterbaikkelompok terbaik, dan penampilan      kreativitas kelompok terbaik yang dipandu oleh Reza Aflis Syahfar dan Mulyani Nasution sebagai pembawa acara. Penobatan putra dan putri KOMPAK 2022 yang jatuh kepada Bima Tri Sakti sebagai putra KOMPAK 2022 dan Putri Aulia Agusta sebagai putri KOMPAK 2022, pemenang yel-yel terbaik adalah kelompok 6,     kelompok terbaik adalah kelompok 3, dan penampilan kreativitas kelompok     terbaik dimenangkan oleh kelompok 5. Setelah agenda penutupan selesai, peserta pulang menggunakan bus pukul 15.00 WIB yang mengalami keterlambatan karena menunggu kedatangan bus. Peserta di dalam bus pertama sampai di Universitas Bengkulu sekitar pukul 17.30 WIB,sedangkan dua bus lainnya sampai di        Universitas Bengkulu pukul 20.37 WIB karena bus yang ditumpangi mengalami kerusakan. Sesampainya di Universitas Bengkulu, panitia membagikan badgeHIMIKOM dan peserta diarahkan untuk pulang ke rumah masing-masing.



Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment