KIAT-KIAT HIDUP MANDIRI

Faktanya manusia memang terlahir sebagai mahluk sosial. Membutuhkan bantuan orang lain adalah hal wajar dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa setiap individu bergantung setidaknya lebih banyak kepada diri sendiri. 

(sumber : freepik)

Ada banyak alasan mengapa mandiri sejak usia muda sangat penting diterapkan dan dibentuk sebagai kepribadian diri. Apabila pola hidup mandiri tidak diterapkan maka akan ada banyak kerugian yang dapat menghambat perkembangan diri sendiri. Apabila individu terlalu bergantung dengan individu lain maka akan berdampak pada hilang nya kepercayaan diri individu tersebut.

Berikut ini kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk menerapkan pola hidup mandiri.

1. Memahami diri sendiri

Memahami diri sendiri menjadi salah satu langkah agar individu menjadi pribadi yang mandiri. Mampu mengenali emosi dan memiliki tingkat kontrol yang mumpuni terhadap diri sendri adalah bentuk mandiri secara jiwa dan batin. Ada baiknya untuk melibatkan perspektif orang lain dalam memahami diri sendiri, menanyakan pendapat dan bagaimana kepribadian kita dikenali dari berbagai perspektif yang berbeda.

2. Berlatih berpikir mandiri

Mengeksplorasi pilihan diri sendiri dengan cara mencari tahu, mempertimbangkan, dan meminta pendapat orang lain sebagai referensi, memiliki keterampilan dalam menentukan keputusan sendiri akan membuat kita mandiri dalam memahami situasi dan masalah yang terjadi sehingga kedepannya akan lebih nyaman dalam menentukan pilihan dan menjalankan kehidupan.

3. Mengeksplorasi hal baru

Mencoba berbagai macam hal baru, mencoba semua tantangan, dan membuat lebih banyak pilihan dalam hidup adalah salah satu langkah untuk mengeksplorasi hal baru. Selain itu, belajarlah dari orang lain mengenai cara mereka menghadapi segala sesuatu dalam hidupnya. Mungkin saja ada sejumlah hal yang tidak diketahui sebelumnya.

Source : https://www.klikdokter.com/psikologi/kesehatan-mental/kiat-kiat-untuk-menjadi-individu-yang- mandiri

penulis : Anindya

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment