Menghitung Hari Menuju Puasa, Inilah Beberapa Rekomendasi Takjil Untuk Berbuka Puasa!


Tidak terasa, 9 hari lagi kita akan memasuki bulan puasa. Umat Islam akan berpuasa sebulan penuh selama bulan suci Ramadan. Selama puasa Ramadan, hidangan takjil menjadi hidangan yang paling dicari dan dinantikan. Takjil identik dengan makanan maupun minuman manis untuk menjadi hidangan pembuka setelah seharian menjalakan puasa.

Menurut KBBI, takjil berarti mempercepat. Kata takjil sendiri merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Arab "ajila" yang artinya menyegerakan. Dari situlah takjil kemudian dimaknai sebagai perintah untuk tidak menunda-nunda waktu untuk berbuka puasa. Hidangan takjil yang bermacam-macam dan menggugah selera selalu dinantikan setiap mendekati waktu berbuka puasa. Nah biar Commers ga bingung memilih takjil untuk hidangan berbuka puasa nanti, Berikut rekomendasi menu takjil untuk berbuka puasa.

  1    1.  Es Campur

Siapa sih yang tidak suka es campur? Rasanya yang lezat dan segar ini cocok sekali dihidangkan sebagai menu takjil. Setelah seharian berpuasa, memakan es campur cukup menyegarkan dahaga. Es campur biasanya diisi dengan berbagai macam jenis bahan seperti cincau, buah-buahan segar, jelly, dan lain-lain yang kemudian dicampur ke dalam sirup manis. Untuk bahannya bisa menyesuaikan dengan selera Commers ya

2.      2.  Gorengan

Gorengan biasanya menjadi menu wajib yang harus ada ketika berbuka puasa. Gorengan sering disajikan sebagai camilan atau makanan ringan sebagai pembuka puasa. Rasanya yang gurih, renyah, dan lembut sangat nikmat disantap ketika berbuka. Gorengan sendiri memiliki berbagai macam varian. Gorengan yang populer dan biasanya dihidangkan dalam menu takjil adalah pisang goreng, tahu isi, bakwan, pastel, dan lain-lain. Hmm….ngebayanginnya bikin perut jadi keroncongan ya Commers

3.       3. Kolak

Kolak menjadi menu rekomendasi takjil selanjutnya. Rasa kolak yang lezat dan kemudahan dalam penyajiannya membuat menu ini sangat cocok jadi hidangan untuk takjil. Kolak merupakan hidangan pencuci mulut dengan bahan utama ubi, pisang, kacang hijau, ataupun biji-bijian. Kemudian direbus dengan tambahan adonan seperti santan, gula merah, daun pandan serta kayu manis.

4.      4.  Es Blewah

Es blewah cocok menjadi menu untuk berbuka puasa. Disajikan dengan es yang dingin dan segar, menu yang satu ini dapat membantu menghilangkan rasa haus setelah berpuasa seharian. Menu ini juga relatif mudah dan cepat disiapkan, sehingga cocok sebagai menu untuk takjil. Es blewah terbuat dari buah blewah yang dicampur dengan es batu. Tak hanya itu, Es blewah biasanya dihidangkan dengan tambahan sirup. Commers juga bisa menambahkan variasi bahan lain sesuai dengan selera.

5.      5.  Teh

Tergolong mudah serta pembuatannya yang tidak memerlukan waktu yang banyak, teh menjadi menu andalan untuk takjil. Minuman teh dapat melegakan dan menyegarkan saat diminum, terutama setelah seharian berpuasa. Ada berbagai jenis teh seperti teh hitam, teh hijau, atau teh herbal. Teh juga dapat dihidangkan dengan makanan ringan lainnya seperti roti dan kurma sebagai pelengkap takjil yang sempurna.

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment