Mari Kenakan Batik di Hari Batik Nasional



Hari ini, Senin (10 Februari), Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap kekayaan budayanya, termasuk batik. Batik sendiri dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya. Tidak hanya di Indonesia, batik Indonesia juga dikenal di seluruh dunia sebagai warisan berharga.

Sejarah momen ini tidak terlepas dari pengakuan UNESCO terhadap batik sebagai warisan budaya takbenda pada tahun 2009. Keputusan itu diambil pada sidang ke-2 Intergovermental Committee on Intangible Cultural Heritage (Komite Antarpemerintah tentang Benda Warisan Budaya Takbenda) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 2 Oktober 2009.

Setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khas masing-masing, termasuk Bengkulu. Bengkulu memiliki batik dengan nama yaitu batik besurek, yang berartikan tulisan tulisan kaligrafi arab dan terkadang ada gambar bunga rafflesia yang merupakan bunga endemik asli dari Bengkulu. 

Batik sendiri dianggap sebagai perekat bangsa dan simbol persatuan. Batik seolah menghilangkan kelas sosial di masyarakat karena nilai-nilai persahabatan yang dibawanya. Hari Batik Nasional merupakan cara paling tepat untuk melestarikan jati diri bangsa. Batik sendiri merupakan teknik tradisional dekorasi atau lukisan pada kain. Anda bisa memakai batik kapan saja, di mana saja.

Di zaman modern ini, batik tidak hanya sekedar kain yang digunakan untuk acara formal dan informal. Anda bisa memakainya setiap hari. Beberapa komunitas dan aktivis juga mengkampanyekan penggunaan batik dalam aktivitas sehari-hari.



 Selamat Hari batik nasional!



sumber : cnn.indonesia

penulis : mn
Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment