Fakta Menarik Bulan Ramadhan


(sumber : freepik.com)

Bulan Ramadhan tidak terasa tinggal 19 hari lagi. Yang artinya seluruh umat Muslim di penjuru dunia mulai mempersiapkan segala hal dan tujuan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Kedatangan bulan Ramadhan rupanya sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat Muslim di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan memberikan banyak kebaikan.


Bulan Ramadhan yang datang setiap satu tahun sekali selalu dijalankan dengan baik bagi mereka yang sungguh-sungguh merindukan bulan puasa. Berbagai kegiatan yang positif dilakukan agar mendapatkan amal serta bisa lebih mendekatkan diri pada sang Pencipta Allah SWT. Bulan Ramadhan rupanya menjadi momen terbaik untuk bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, teman dan saudara. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa menjaga silaturahmi banyak sekali memberikan kebaikan. Dan sekarang adalah waktu yang penting untuk berkumpul dan membangun pemahaman di antara keluarga,saudara, dan kerabat terdekat kita. Bagi Commers yang ingin mengetahui fakta menarik bulan Ramadhan yang jarang orang ketahui,yuk baca selengkapnya fakta bulan Ramadhan berikut ini:

1. Selama bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia berpuasa setiap hari dari matahari terbit hingga terbenam. Anak-anak, wanita hamil, menyusui ataupun yang sedang haid, orang tua, dan orang dengan masalah kesehatan, tidak dianjurkan untuk berpuasa.

2. Bagi sebagian banyak orang, Ramadhan merupakan waktu untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT., berdoa, menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, mendukung amal dan mengingat mereka yang kurang beruntung saat mereka berpuasa. 

3. Pada akhir Ramadhan, orang dewasa yang memiliki lebih banyak makanan daripada yang mereka butuhkan harus membayar Zakat Fitrah. Ini merupakan kontribusi untuk mendukung orang-orang yang membutuhkan. Zakat fitrah yang dikluarkan sekitar 2,5 Kg- 3,5 Kg (jika menggunakan beras), atau membayar sektar Rp. 40.000 per orang. 

4. Ramadhan dimulai pada bulan ke-9 dalam kalender Islam, ketika bulan sabit baru pertama kali terlihat. 

5. Umat Muslim menganggap bahwa puasa di bulan Ramadhan merupakan bagian inti dari keyakinan agama Islam. Sebelum fajar, orang makan makanan yang disebut dengan sahur, dan Makan malam disebut dengan buka puasa . 

6. Ramadhan sering menjadi urusan komunitas, dengan lebih banyak orang menghadiri masjid di malam hari dan berkumpul bersama teman dan keluarga untuk berbuka puasa.

7. Selama bulan Ramadhan, banyak kantor-kantor dan sekolah di negara-negara mayoritas Muslim tutup lebih awal. 

8. Selama 10 hari terakhir Ramadhan, umat Islam merayakan malam yang disebut dengan Malam Lailatul Qadar , malam paling suci tahun ini. Ini sekaligus memperingati malam ketika Al-Qur'an (kitab suci umat muslim) pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

10. Commers dapat mengungkapkan harapan baik untuk Ramadhan dengan mengatakan “Ramadhan Kareem” (Ramadan yang murah hati) atau “Ramadan Mubarak” (Selamat Ramadhan).” 

11 Setelah hari terakhir Ramadhan, pada  Idul Fitri ucapan berubah menjadi "Idul Fitri". 


sumber : https://www.viva.co.id/edukasi/1462556-10-fakta-bulan-ramadhan

penulis : Mulyani


Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment