Pentingnya Memperhatikan Kontras Dalam Desain Grafis

freepik.co

 (sumber gambar : Freepik.com)

Taukah kamu dalam mendesain salah satu hal yang paling penting adalah memperhatikan kontras.

Diperkirakan 217 juta orang hidup dengan gangguan penglihatan. Untuk membantu memastikan bahwa karya kalian dapat digunakan dan dibaca oleh sebanyak mungkin orang, selalu perhatikan kontras relatif antara warna dari desain kalian. Ini memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk melihat konten desain kalian, termasuk mereka yang buta warna (-color.review).

lantas apa itu Kontras?

Kontras dapat dikatakan sebuah perbedaan visual secara signifikan dari sebuah objek terhadap objek lain atau didekatnya. Tentu, Yang namanya kontras selalu digunakan oleh para desainer untuk menciptakan Point of View, atau pusat perhatian.

Pada umumnya terdapat 4 jenis kontras

1. Kontras warna

Dalam menemukan kontras warna yang diinginkan seseorang akan melakukannya eksperimen-eksperimen yang dapat memunculkan warna kontras yang diinginkan. Kontras warna tidak dibatasi oleh warna yang sudah dikenal secara umum, itula sebabnya dilakukan eksperimen untuk menemukan warna. Namun, menempatkan warna yang berlawanan, tapi ingat untuk menjaga dan mempertimbangkan keselarasan antara kontras dalam warna. Sebagai contoh, kontras dapat dihasilkan dari elemen grafis hitam memberikan latar belakang putih, atau warna yang mencolok dengan penyediaan latar belakang warna terang.

2. Kontras posisi

Dalam menerapkan huruf yang berbeda pada layout halaman secara keseluruhan juga dilakukan kontras pada desain tata letaknya. Tapi kalian juga harus berhati-hati dalam memilih kontras tersebut, hal itu harus dipertimbangkan dengan hati-hati, untuk menghindari penambahan berlebihan kontras.

3. Kontras dalam font tulisan

Dalam desain tata letak, kontras dapat diterapkan untuk huruf, kata, kalimat atau paragraf. Dengan menambahkan efek seperti: Bold, italic, underline, huruf besar, huruf kecil, dan kasus judul dan kelas kalimat. Efek ini akan memberikan penekanan pada unsur-unsur desain tertentu.

4. Kontras bentuk

Kontras adalah metode alternatif yang dapat menghasilkan tampilan tata letak dinamis visual. Untuk menghasilkan desain tata letak yang menarik, kalian bisa bereksperimen dengan menambahkan beberapa elemen desain lain, seperti dengan menggunakan proporsi yang lebih besar dari huruf, sehingga mendominasi body text, atau Anda juga dapat memberikan ilustrasi atau gambar.

Perlu diingat bahwa "kontras" tidak hanya tentang menggunakan warna yang berlawanan, ukuran penskalaan atau membedakan hal-hal secara acak tetapi juga tentang menerapkan level yang tepat dan menggunakan elemen yang dipasangkan dengan baik.


Penulis : Mulyani

Sumber : vectorkades


Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment