5 Rekomendasi Kegiatan Untuk Mengisi Waktu Menunggu Berbuka Puasa

 Setiap tahun umat muslim di dunia selalu melaksanakan salah satu ibadah wajib yaitu berpuasa di bulan Ramadhan. Pada bulan ini para umat muslim di dunia diwajibkan untuk menahan lapar dan haus. Namun, bukan hanya itu saja, para umat muslim juga diharuskan menjaga hawa nafsu mereka. Pada bulan ini umat muslim berlomba-lomba untuk menebar kebaikan serta mencari pahala. 

(Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu sumber gambar : @Sccibengkulu)

Puasa dilakukan setiap hari dengan waktu 12-14 jam tergantung waktu adzan masing-masing lokasi. Selama menunggu waktu berbuka puasa umat muslim dapat melakukan beberapa kegiatan untuk mengisi waktu luang mereka sekaligus mencari pahala dan ilmu.

Bosan menunggu waktu berbuka? Nih ada 5 rekomendasi kegiatan yang cocok untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa.

1. Memasak

Memasak adalah kegiatan yang bermanfaat dilakukan disaat waktu luang dan cocok dilakukan sambil menunggu waktu berbuka. Kita dapat memasak sambil menyiapkan makanan untuk berbuka. Contohnya, kita bisa memasak takjil seperti kolak dan gorengan, serta makanan khas Ramadhan lainnya.

2. Tadarus Al Qur'an

Pada bulan puasa, semua amal ibadah yang kita lakukan akan berlipat ganda pahalanya, termasuk tadarus Al-Qur’an. Manfaat tadarus salah satunya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan lebih banyak tentang Al-Qur’an. Anda juga bisa belajar untuk membaca Al-Qur’an dan memahami artinya lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, membaca Alquran juga dapat menjadi penenang bagi pembaca dan pendengarnya. Sehingga Anda bisa lebih relaks dan juga bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengistirahatkan diri Anda dari kesibukan duniawi sementara.

3. Ngabuburit

Kegiatan menunggu waktu jelang berbuka puasa atau yang disebut ngabuburit telah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia. Umumnya, orang mengisi waktu senggang ini dengan ragam kegiatan. Contohnya berjalan-jalan keluar rumah sembari membeli camilan berbuka atau menunggu di masjid sembari berzikir.

Saat bulan ramadhan akan banyak muncul tempat-tempat yang menjajakan makanan berbuka banyak diserbu orang sehingga jadi ajang wisata kuliner. 

4. Menonton kajian online

dengan perkembangan teknologi yang sangat canggih sekarang ini, kita dapat mendengarkan kajian dari mana saja termasuk dari media online, seperti YouTube

jika dulu ketika ingin mendengar kajian kita harus ke masjid atau menunggu siaran di televisi sekarang kita hanya perlu searching di media sosial yang memiliki akun yang menampilkan kajian-kajian islami. 

5. Berbagi takjil 

Salah satu hal yang akan mendapatkan pahala yang besar adalah bersedekah, salah satunya berbagi takjil dengan kaum duafa. Kegiatan ini biasanya dilakukan orang sekelompok orang dan menghampiri para kaum duafa dan orang yang membutuhkan.

 

sumber :www. rumah. com

penulis : Mulyani

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment