Cita Rasa Makanan Khas Bengkulu


Indonesia terkenal akan keberagaman rempah-rempahnya, terlihat dari banyaknya bangsa Eropa yang berusaha masuk dan merebut dari negara kita. Dari keberagaman rempah-rempahnya lah Indonesia memiliki banyak masakan yang sangat beragam dan rasa yang identik, setiap wilayah di Indonesia memiliki keberagaman cita rasa yang berbeda, seperti masakan minang yang terkenal dengan ciri khas rasanya yang pedas, dan masakan dari daerah Jawa dengan ciri khas rasa yang manis.

Keberagaman rempah-rempah di Indonesia yang menjadi bumbu dasar ciri khas rasa dari masakan suatu daerah juga menjadikan daerah tersebut memiliki banyak jenis makanan yang sangat unik dan beragam, salah satunya makanan dari daerah Bengkulu. Yang mana daerah Bengkulu memiliki banyak sekali ragam makanan yang unik dan jadi ciri khas daerah tersebut.

Dari sekian banyak makanan khas Bengkulu, terdapat 5 makanan yang banyak diminati antara lain yaitu:

1.Pendap

Pendap adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari bahan dasar ikan. Jenis ikan yang digunakan bisa apa saja, yakni ikan air tawar maupun ikan air laut. Untuk cara membuatnya tidaklah sulit, ikan yang sudah dicuci hingga bersih kemudian dibumbui dengan bumbu rempah seperti bawang putih, kencur, cabai, garam, hingga kelapa muda parut.Setelah semua bumbu dihaluskan, barulah dicampur dengan ikan. Nantinya, ikan yang sudah berbalur bumbu akan dibungkus dengan daun talas dan direbus hingga matang. Proses perebusannya ini berlangsung hingga kurang lebih delapan jam. Penggunaan daun talas pada pendap ditujukan supaya aroma amis ikan hilang dan berganti dengan wangi daun. Pendap biasa disantap bersama dengan nasi putih hangat dan cocok dinikmati kapan saja.

2.Lemang Tapai

Lemang tapai dibuat dari bahan dasar beras ketan dan santan. Untuk cara membuatnya, beras ketan yang sudah dicuci bersih lalu direndam semalaman. Setelah itu dicampur dengan santan dan dimasak dengan cara dibakar dalam seruas bambu hingga matang. Nantinya lemang tapai akan disajikan bersama dengan tapai ketan. Selain tapai ketan, biasanya juga ada durian yang mendampingi sajian makanan khas Bengkulu ini.

3.Lempuk Durian

Lempuk durian dibuat dari bahan dasar buah durian dengan tambahan tepung gandum serta gula. Semua bahan dicampur hingga rata lalu diaduk dalam sebuah wajan besar dan dimasak di atas api hingga teksturnya mengental dan matang. Lempuk durian ini teksturnya sangat mirip dengan dodol dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

4.Kue Bay Tat

Kue bay tat adalah salah satu makanan khas Bengkulu yang dibuat dari bahan utama telur ayam, tepung gandum, gula pasir, dan mentega yang diaduk menjadi satu lalu dimasukkan ke dalam wadah dan dipanggang hingga matang. Setelah matang, nantinya kue ini akan diolesi dengan perpaduan selai nanas dan keju sehingga nanti saat disantap akan ada rasa manis, gurih, dan sedikit asam. Nama kue bay tat diambil nama ‘bay’ yang artinya adalah induk dan ‘tat’ yang artinya tart. Jadi bisa dikatakan kalau kue bay tat adalah kue tart induk.

5.Lontong Tunjang

Di Bengkulu ada lontong tunjang yang merupakan perpaduan dari lontong dengan siraman sayur khas Bengkulu. Sayur ini dibuat dari bahan dasar nangka muda, buncis, dan pastinya irisan tunjang yang disertai dengan kikil. Lontong tunjang bisa dijumpai di Bengkulu pada saat pagi hari karena makanan khas Bengkulu ini banyak didagangkan di pagi hari.


Penulis: Afifah Mufidah

Sumber: orami.co.id

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment