PELATIHAN MANAGEMENT ORGANISASI 2022

 PELATIHAN MANAGEMENT ORGANISASI 2022




Kegiatan Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO) 2022 ini dilaksanakan pada:

 Hari, tanggal : Sabtu-Minggu, 19-20 November 2022

Waktu, tempat :08.00 WIB s.d selesai, Aula SMKN 1 Kota Bengkulu

Hari Pertama

Sabtu, 19 November 2022

Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO) yang diikuti oleh 49 peserta dari mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi angkatan 2022. Peserta memasuki ruangan pukul 08.30 WIB. Acara dipandu oleh Muhammad Alief Akbar dan Yasha Dara Dinanti selaku Master of Ceremony (MC). Pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Muhammad Hanif Prasetya, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM yang dipandu oleh Reni Dwi Febri Adha selaku Dirigen. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Dimas Aji Erbianto selaku Ketua Panitia, Tito Jaya Pratama selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2022. Sekaligus membuka acara resmi dengan pemotongan pita secara simbolis. Pembacaan doa yang dipandu oleh Oka Ridiansyah.

Agenda selanjutnya peserta melakukan Ice Breaking yang dipandu oleh Achmad Raditya dan Grashelia Friska Kinanti selaku Master of Ceremony (MC) non formal. Pukul 09.50 WIB, materi pertama dipandu oleh Aisyah Juniadita selaku moderator materi pertama mengenai kepemimpinan, materi ini disampaikan oleh Hairian Fasi selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2019. Sesi tanya jawab pertama terdapat pertanyaan dari Aditya, Herlin Nisa dan Muhammad Ravie. Dilanjutkan dengan post test dan diakhiri penyerahan sertifikat penghargaan dari Ketua Panitia kepada Hairian Fasi sebagai pemateri.


Pada pukul 10.12 WIB dilanjutkan dengan materi kedua yaitu materi keuangan yang disampaikan oleh Arinda Nabila Ainiyyah selaku Bendahara Umum HIMIKOM Periode 2020. Sesi tanya jawab diisi oleh Putri Aulia dan Dwi Afrilia Sahara. Selanjutnya sesi kuis yang berhasil dijawab oleh Muhammad Ravie dan Ulul Azmi. Pukul 11.45 WIB dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat penghargaan dari Ketua Umum HIMIKOM 2022 kepada Arinda Nabila Ainiyyah sebagai pemateri untuk materi keuangan. Dilanjutkan dengan ISAMA hingga pukul 13.12 WIB.

Pada pukul 13.30 WIB dilanjutkan materi surat menyurat oleh Femil Okta Yolanda selaku Sekretaris Umum HIMIKOM Periode 2020. Sesi tanya jawab diisi oleh Nyimas Alda, Putri Aulia, Muhammad Ravie, dan Isnu Pratama. Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat penghargaan dari Kepala Bidang II Pengembangan Organisasi periode 2022 kepada Femil Okta Yolanda sebagai pemateri.

Pada pukul 14.10 WIB dilanjutkan dengan games yang dipandu oleh Achmad Raditya dan Grashelia Friska Kinanti yang mendapatkan 10 orang pemenang yaitu Bima Tri Sakti, Risqullah Mu’ammar Raffi, M. Kemal Tarikh, Nyimas Alda, Muhammad Ravie, Ervina Nyr Sabrina Ja’far, Aditya Anugrah, M. Ifandi Mahendra, Herlin Nisa dan Assyifa Yasmin Zahwa. Dilanjutkan dengan materi Event Management yang disampaikan oleh Santrian Wibiyanto, S.I.Kom selaku Kepala Bidang I Penalaran dan Keilmuan HIMIKOM Periode 2017. Dalam hal ini peserta dibentuk menjadi 6 kelompok untuk melakukan presentasi mengenai event yang telah dibuat oleh anggota kelompok. Selanjutnya penyerahan sertifikat penghargaan dari Ketua Panitia kepada Santrian Wibiyanto, S.I.Kom sebagai pemateri. Pukul 17.30 WIB diakhiri dengan penutupan agenda acara Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO) hari pertama oleh Master of Ceremony (MC) non formal.

Hari Kedua

Minggu, 20 November 2022

Acara yang seharusnya dimulai pukul 08.00 WIB mengalami keterlambatan menjadi pukul 09.15 WIB karena menunggu kesiapan dari panitia dan kendala teknis. Pada hari ini diikuti oleh 56 peserta Mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi angkatan 2022. Acara dibuka oleh Dwi Reski Amelia Putri dan Rizky Amanda Aulia selaku Master of Ceremony (MC) non formal. Pukul 09.25 WIB, agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Muhammad Abiyyu selaku Kepala Bidang II Pengembangan Organisasi periode 2020.

 

Acara dipandu oleh Aisyah Juniadita selaku moderator. Sesi tanya jawab terdapat pertanyaan materi manajemen konflik dari Aditya Anugrah, Asyifa Putri Aulia dan Perdi Danata. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat penghargaan dari Ketua Panitia kepada Muhammad Abiyyu selaku Kepala Bidang II Pengembangan Organisasi periode 2020 sebagi pemateri.

Agenda dilanjutkan dengan sesi games dan sharing session pukul 09.48 WIB, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats (SWOT) oleh Bintara Santika Putra, M.I.Kom selaku Kepala Bidang II Pengembangan Organisasi periode 2010 sebagai pemateri. Peserta dipersilahkan untuk ISAMA hingga pukul 12.00 WIB, kemudian pemateri melanjutkan penyampaian materinya pukul 13.00 WIB. Sesi penyampaian materi berakhir pukul 13.30 WIB tanpa adanya post test. Materi kedua ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan dari Ketua Panitia kepada Bintara Santika Putra, M.I.Kom selaku Kepala Bidang II Pengembangan Organisasi periode 2010 sebagai pemateri.

Pada pukul 13.37 WIB, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi praktik sidang oleh Akmal Dwi Septian selaku Kepala Badan Olahraga periode 2020 sebagai pemateri. Sesi penyampaian materi berakhir pukul 14.26 WIB, acara dilanjutkan dengan praktik sidang berupa simulasi oleh peserta dengan Bima Tri Sakti sebagai Presidium Sidang I, Putri Aulia Agusta sebagai Presidium Sidang II, dan Namora sebagai Presidium Sidang III. Simulasi sidang selesai pukul 14.41 WIB dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan dari Ketua Panitia kepada Akmal Dwi Septian selaku Kepala Badan Olahraga periode 2020 sebagai pemateri.

Pada pukul 15.05 WIB, acara dilanjutkan dipandu oleh Nabila Nur Syafitri dan Dwi Reski Amelia Putri selaku Master of Ceremony (MC) non formal. Dilanjutkan dengan pengumuman putra dan putri PMO 2022 yang dinobatkan kepada Nyimas Alda sebagai Putri PMO 2022 dan Aditya Anugrah sebagai Putra PMO 2022 dan dilanjutkan dengan sesi penyerahan selempang dan foto bersama putra dan putri PMO 2022.

Pada pukul 15.45 WIB, agenda dilanjutkan dengan penutupan yang dipandu oleh Muhammad Alief Akbar dan Yasha Dara Dinanti selaku Master of Ceremony (MC). Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMIKOM yang dipandu oleh Dinda Aulia selaku dirigen. Penutupan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dimas Aji Erbianto selaku Ketua Panitia, Hafizdh selaku Kepala Bidang II

 

Pengembangan Organisasi dan Tito Jaya Pratama selaku Ketua Umum HIMIKOM Periode 2022 sekaligus menutup acara secara resmi.

Agenda penutupan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Oka Ridiansyah. Acara penutupan selesai pukul 16.50 WIB dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama oleh panitia dan peserta. Agenda dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan dan selesai pukul 17.30 WIB.

Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment