MENGENAL SEVEN SUMMIT INDONESIA

Baskomhimikom | 3 Oktober 2021 | baskomnews


Hallo Commers,

Tidak hanya terkenal sebagai jalur ring of fire, Indonesia juga dikenal memiliki banyak gunung tertinggi. Daftar puncak tertinggi di Indonesia ini membawa nama tanah air sebagai sasaran destinasi sport tourism bagi wisatawan penyuka tantangan.

Sport tourism merupakan wisata yang mengkombinasikan antara olahraga dan pariwisata. Belakangan, sport tourism banyak digandrungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu jenis sport tourism yang punya banyak penggemar adalah mendaki gunung. 


Berikut ini daftar puncak tertinggi di Indonesia yang menguji adrenalin kita.


1. Carstensz Pyramid (Puncak Jaya)

Puncak Jaya atau yang juga dikenal dengan Carstensz Pyramid di Papua, merupakan salah satu puncak tertinggi di Indonesia. Gunung yang menjadi lokasi sport tourism ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak tertinggi di Indonesia ini merupakan sebuah gunung karang (limestone) dengan salju abadi


2. Gunung Kerinci

Menjadi gunung tertinggi di pulau Sumatera, Gunung Kerinci layak dinobatkan sebagai salah satu Seven Summit Indonesia. Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Lokasi Gunung Kerinci berada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi. 


3. Gunung Semeru

Terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Gunung Semeru masuk dalam jajaran puncak tertinggi di Indonesia. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia, sehingga kurang lebih 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik. Seven Summit Indonesia ini berada di bawah pengawasan administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


4. Gunung Rinjani

Masuk dalam salah satu Seven Summit Indonesia, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di gugusan kepulauan Sunda Kecil. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

Gunung Rinjani menjadi gunung berapi aktif kedua tertinggi di Indonesia. Salah satu puncak tertinggi di Indonesia ini berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. 


5. Gunung Bukit Raya

Pulau Kalimantan juga menjadi salah satu lokasi sport tourism yang masuk dalam Seven Summit Indonesia. Gunung Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 mdpl dan masuk dalam jajaran puncak tertinggi di Indonesia.


6. Gunung Latimojong

Seven Summit Indonesia juga terdapat di Pulau Sulawesi, tepatnya di Gunung Latimojong yang memiliki ketinggian 3.430 mdpl. Puncak tertinggi Gunung Latimojong berada di puncak Rantemario.


7. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya merupakan salah satu puncak tertinggi di Indonesia yang terletak di Kepulauan Maluku. Puncak Binaiya memiliki ketinggian 3.027 mdpl dan berada di pulau Seram, Maluku.


Tim redaksi ( NAP, FC , DMS )

Email Facebook Google Twitter

Bahana Suara Komunikasi

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment