FAKTA DAN MITOS MINUM KOPI


| Bahana Suara Komunikasi | 


Hallo Commers

Pagi hari merupakan awal sebelum memulai hari-hari yang berat dan melelahkan  bagi sebagian orang, namun juga sebaliknya beberapa orang menyambut dengan penuh semangat dan kegembiraan setiap hari yang mereka jalani. Aktivitas yang kita lakukan di pagi hari dapat menentukan mood kita dalam menjalani berbagai aktivitas keseharian. Berikut adalah beberapa aktivitas yang  sering dilakukan oleh sebagian besar orang Indonesia seperti bangun pagi, mencuci muka, olahraga, mandi, sarapan dan minum kopi.

Aktivitas yang dialakukan secara berulang beberapa akali dalam sehari adalah minum kopi. Kita tentu tidak asing lagi dengan kopi, minuman yang populer dikonsumsi oleh masyarakat hingga saat ini baik tua maupun muda. Kopi dalam perkembangannya telah mengalami banyak perkembanagan baik jenis-jenis yang baru  ditemukan maupun dalam pengolahan serta penyajiannya. Lantas bagaiamana proses kopi gelondongan hingga menjadi bubuk siap seduh? Selain itu kita akan membongkar apa saja mitos dan fakta tetang minum kopi?

Kopi adalah minuman yang mempunyai ciri khas berwarna hitam pekat dan bearoma menarik merupakan hasil seduhan dari bubuk kopi yang telah melewati berbagai proses pengolahan, baik menggunakan tangan maupun mesin. Proses tersebut mulai dari penyemaian, penanaman, perawatan, pemupukan, pemetikan (panen), pengeringan (dijemur), penggrintingan (proses penggilingan dari gelondongan menjadi biji), penyangraian (manual dan menggunakan mesin) dan yang terakhir adalah pengahalusan dari biji hingga menjadi bubuk halus serta siap diseduh.

Tanaman kopi telah dibudayakan lebih dari 50 negara, termasuk Indonesia yang telah memproduksi hingga 400 ribu ton pertahunnya.  Secara umum, terdapat dua jenis pohon kopi yaitu Kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffea Arabika). Kopi merupakan salah satu komoditas sumber pendapatan bagi petani kopi sendiri maupun sumber devisa, penghasil bahan baku industri, maupun penyedia lapangan kerja melalui kegiatan pengolahan, pemasaran dan perdagangan (eskpor dan impor).

Masyarakat Indonesia memliki kebiasaan suka ngumpul-ngumpul dan menikmati minuman kopi secara bersama-sama. Selain itu juga, kopi dinikmati pada pagi hari setelah bangun tidur, selepas makan pada siang dan malam hari serta pada acara formal, informal hingga tradisi religi.

Kopi yang begitu melekat dengan kehidupan masyarakat baik dari kalangan masyarakat biasa maupun masyarakat kelas atas. Kopi yang sangat digemari tersebut ternyata memiliki berbagai mitos yang beredar diakalangan masyarakat dan menyimpang jauh dari fakta yang sebenarnya. Berikut adalah mitos dan fakta seputar kopi :

·         Mitos: Konsumsi kopi dapat membuat tubuh menjadi kecanduan.

·         Fakta: Mengkonsumsi kopi dalam takaran wajar tidak akan membuat kita menjadi kecanduan. Namun hal ini bisa terjadi jika konsumsi dalam sehari sekitar 200-300 mg atau sekitar dua hingga tiga gelas dalam sehari.

·         Mitos: Menyebabkan Insomnia.

·         Fakta: Kafein tidak memiliki keterkaitan dengan insomnia yang biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti depresi, efek obat-obatan, kecemasan yang berlebihan dan sebagainya.

·         Mitos: Hal ini beredar luas dimasyarakat bahwa mengonsumsi kopi secara terus menerus dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

·         Fakta: Mengkonsumsi kopi tidak meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular dan tidak meningkatkan kadar kolestrol atau menyebabkan detak jantung yang tidak teratur. Peningkatan tekanan darah setelah konsumsi kafein sering dialami oleh individu yang sensitif terhadap kafein. Namun, peningkatan ini mirip dengan yang dihasilkan dari aktivitas normal, seperti naik tangga.

·         Mitos: Dalam beberapa kasus pemahaman keliru terhadap yang berkembang dimasyarakat adalah mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan kanker.

·         Fakta: Kafein yang terkandung dalam kopi membantu tubuh dan melawan kanker. Hal tersebut berdasarkan bahwa kafein mengandung antioksidan yang sudah dikenal khasiatnya untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

·         Mitos: Ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan sakit kepala.

·         Fakta: Jika anda menyukai kopi maka anda jangan khawatir mengenai mitos yang anda dengar tadi. Hal ini karena faktanya mengkonsumsi kopi tidak akan menyebabkan sakit kepala. Bahkan konsumsi kopi dapat meringankan derita sakit kepala. Untuk sakit kepala sebelah (migrain) ringan maka anda bisa menyembuhkannya dengan mengkonsumsi secangkir kopi hangat.

·         Mitos: Anak-anak di larang mengkonsumsi kopi karena dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif.

·         Fakta: Apabila anda mengkontrol konsumsi kafein pada anak anda maka tidak akan menyebabkan anak menjadi hiperaktif. Konsumsi kafein pada ukuran normal 40-200mg akan dapat bermanfaat pada anak-anak. Manfaat yang akan di dapat antara lain yaitu tambahan energi yang akan berpengaruh pada anak yang tidak mudah cepat lelah dan meningkatkan konsentrasi sehingga mempermudah anak menjawab pertanyaan.

·         Mitos: Mengkonsumsi kopi bagi ibu hamil akan dapat berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan janin pada ibu hamil.

·         Fakta: Konsumsi kafein 7,5 cangkir kopi perhari atau sekitar 600 mg memang bisa menunda kehamilan selama setahun. Namun jika anda pada kondisi hamil dan hanya mengkonsumsi kopi tiga cangkir atau 300 mg dalam sehari tidak akan berpengaruh pada janin. Tapi anda harus tetep berkonsultasi kepada dokter karena konsumsi 300mg tidak akan berpengaruh pada janin apabila kondisi janin normal.

·         Mitos: Mengkonsumsi kopi akan dapat mempengaruhi tekanan darah tinggi yang anda alami.

·         Fakta: Mengkonsumsi kopi tidak akan mempengaruhi tekanan darah tinggi yang anda derita.

·         Mitos: Mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan bau nafas anda menjadi kurang sedap.

·         Fakta: Dengan mengkonsumsi kopi maka bisa membuat nafas anda menjadi lebih harum dan juga segar. Hal ini karena di dalam kopi terdapat kandungan khusus yang dapat mencegah nafas anda terhindar dari bau tak sedap.

·         Mitos: Kopi tidak baik bagi anda yang sedang melakukan diet.

·         Fakta: Mengkonsumsi kopi saat anda diet akan menekan nafsu makan. Dengan begitu maka diet anda akan berlangsung dengan sukses.

·         Mitos: Mengkonsumsi kopi secara terus menerus dapat menyebabkan pengeroposan tulang.

·         Fakta : Mengkonsumsi kopi lima cangkir kopi atau setara dengan 100-400 mg perhari tidak akan menggangu pertumbuhan tulang pada remaja atau dewasa.

Penulis: Topan Afriansah

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi

https://majalah.ottencoffee.co.id/10-mitos-dan-fakta-menarik-mengenai-kopi/

https://www.halodoc.com/artikel/6-mitos-dan-fakta-tentang-kafein-yang-perlu-diketahui
Email Facebook Google Twitter

Bahana Suara Komunikasi

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment