Kemah Orientasi Mahasiswa dan Pengembangan Komunikasi (KOMPAK) 2016


 
Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu menyelenggarakan kembali acara KOMPAK (Kemah Orientasi Mahasiswa dan Pengembangan Komunikasi) 2016. Acara KOMPAK selalu dilaksanakan tiap tahunnya, dalam rangka penyambutan mahasiswa baru. Acara ini dinaungi oleh Bidang Penngembangan Organisasi (PO) yang ada di HIMIKOM. KOMPAK pada tahun 2016 di adakan tanggal 14-17 Oktober 2016 di Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahyang. Pada tahun ini KOMPAK diikuti 66 orang mahasiswa baru jurusan Ilmu Komunikasi. Acara ini dilakukan sama setiap tahunnya yakni mulai hari Jumat hingga hari Senin, panitia dan peserta melaksanakan berbagai kegiatan di Desa Taba Padang tersebut. Tak ketinggalan para senior dan alumni yang turut membantu dan memeriahkan jalannya acara ini.
Pada tanggal 14 Oktober Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Dwi Aji Budiman, S.Sos, MA, Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi Andi Makhrian S.Sos, M.Si, Gubernur BEM FISIP Bambang Kurniadi, Ketua Umum HIMIKOM Periode 2016 Debi Febriansyah Ramadhan, Pengurus yang ini diwakilkan oleh Presidium HIMIKOM Periode 2016, panitia dan peserta berkumpul diparkiran Jurusan Ilmu Komunikasi untuk melaksanakan upacara pembukaan dan pelepasan. Pada pukul 09.00 WIB dijemput dengan bus untuk menuju lokasi. Namun, akses jalan menuju lokasi sedikit buruk yang mengakibatkan terlambatnya peserta dan panitia ke lokasi. Tak seperti KBS (Kemah Bakti Sosial) pada umumnya yang diadakan oleh jurusan lain, HIMIKOM mengadakan KBS atau oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi disebut oleh KOMPAK ini berbeda. Kami tidak menginap di sekolah didesa setempat atau menginap di balai desa, tetapi kami menegakkan lima tenda Pleton di lapangan Desa Taba Padang .
Mahasiswa baru diKOMPAK dilatih untuk berusaha sebelum mendapatkan sesuatu, seperti untuk tempat istirahat mereka harus bekerja sama untuk menengakkan tenda Pleton, untuk persiapan hujan mereka menggali siring di pinggir tenda serta untuk mandi atau membersihkan diri mereka harus turun ke sungai yang sedikit jauh dari lokasi, mereka juga diajarkan kekompakan satu sama lain selain itu mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan senior-senior Ilmu Komunikasi yang sudah tamat dan jarang terkihat dikampus. Tidak hanya itu mahasiswa baru diajarkan bagaimana menyatu dengan alam, dan sekejap jauh dari hingar bingar kota dan tekhnologi yang biasanya setiap detik mereka nikmati. Di acara KOMPAK ini mereka juga diajarkan bagaimana agar menjadi lebih mandiri karena saat ini mereka sudah menjadi MAHAsiswa tidak lagi seperti sebelumnya. Mereka diajak untuk lebih mengenal satu sama lain, bekerja sama, melatih kepemimpinan, mengambil keputusan, saling menghargai, serta  solid dengan teman seangkatan yang baru mereka kenal dan lebih  mengenal bagaimana Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu itu. Mengembangkan cara mereka berkomunikasi dan bersosialisasi dengan penduduk saat mereka membantu membersihkan sekitaran jalan yang ada di desa tersebut, saat mereka berdiskusi dengan perangkat desa dan lain-lain. Juga yang paling penting, dan mungkin hanya ada diJurusan Ilmu Komunikasi mereka diajarkan langsung bagaimana caranya Sidang, Kapan saatnya mereka memberi Interupsi dan lain-lain.
Hingga tiba pada hari Senin tanggal 17 Oktober, di akhir acara penutupan KOMPAK panitia menobatkan putra dan putri KOMPAK. Pemilihan putra putri KOMPAK ini dipilih berdasarkan sikap dan perilaku yang menurut panitia layak ketika mereka melakukan semua kegiatan di acara KOMPAK ini. Putra KOMPAK 2016 jatuh kepada Ricky Satria dan Putri KOMPAK 2016 jatuh kepada Vivi Dinda. Pukul 13.00 WIB seluruh peserta, panitia, dan senior berpamitan dan mengucapkan terima dengan masyarakat Taba Padang kasih karena telah disambut dengan begitu baik dan hangat. Setelah bermapitan seluruhnya melakukan perjalanan pulang ke bengkulu , dan tiba kembali di UNIB pukul 15.00 WIB acara pun selesai, seluruh panitia dan peserta kembali dengan selamat.                


  
Email Facebook Google Twitter

HIMIKOM

Admin & Editor

Himikomunib.org adalah website Himikom ( himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ) universitas Bengkulu

0 comments:

Post a Comment